Kembali ke Artikel

Cara Tepat Menolak Cinta Pria

Jangan sampai Anda menjadi pemberi harapan palsu

Jika Anda sedang jatuh cinta, pastinya hati menjadi berbunga-bunga dan merasa bahagia tiap saat. Jatuh cinta memang perasaan yang tidak mudah ditebak. Pria maupun wanita memang sudah ditakdirkan untuk saling melengkapi satu sama lain. Namun, ada saatnya ketika jatuh cinta bisa jadi menyakitkan jika cinta Anda bertepuk sebelah tangan. Saat ada pria mencoba untuk dekat dengan Anda, dan ternyata Anda tidak tertarik maka sudah menjadi keharusan Anda untuk memberi tahu dia apa yang Anda rasakan secara cerdas tanpa mnyinggung perasaan dan mnyakiti hatinya.

Terlebih lagi jangan sampai Anda menjadi pemberi harapan palsu sehingga membuat pria terus mengharapkan cinta Anda. Tentunya akan ada perasaan tidak enak bila harus menjauhinya, tapi di satu sisi Anda tidak nyaman saat dia mulai sering mendekati bahkan menggoda Anda setiap kali bertemu. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menolak cinta pria secara halus tanpa merusak hubungan pertemanan.

Katakan Langsung

JIka teman pria Anda sudah menyatakan perasaannya, ada baiknya jika Anda berkata dengan halus kalau Anda tidak memiliki perasaan yang sama dengannya. Dalam prakteknya mungkin Anda akan merasa tidak enak dan tidak tega dan mungkin akan menyakitkan buta pria, namun hal ini harus dilakukan agar dia tidak terlalu banyak berharap pada cinta Anda.

Sopan

Ingatlah bahwa tingkat ego kaum pria itu pada umumnya tinggi. Apabila Anda menolak secara kasar, maka bisa jadi ia malah berbalik tidak menaruh respek atau bahkan membenci Anda untuk waktu yang lama. Penyampaian yang sopan dan jelas dipastikan akan dapat mengurangi kesalahpahaman. Dengan begitu hubungan Anda dengan dia ke depannya akan tetap berjalan baik.

Perlihatkan Bahwa Anda Memang Tidak Tertarik

Jika Anda tahu seorang pria sedang menyukai Anda tetapi Anda tidak tertarik padanya, cara terbaik untuk memperlihatkan perasaan Anda adalah melalui sikap dan bahasa. Apabila Anda tetap bersikap lebih dari teman, bisa jadi si pria menganggap Anda juga memeiliki ketertarikan kepadanya. Teman-temannya bisa menyangka kalau Anda member harapan palsu. Jadi, kalau Anda tidak tertarik padanya, bersikaplah sewajarnya se[erti kepada teman-teman yang lain.

Hindari Kesalahpahaman

Sebagian besar pria memiliki pola pikir dan pandangan hidup yang berbeda-beda tentang seorang wanita yang semakin dekat dengan mereka. Bisa jadi ia merasa kalau Anda suka padanya apabila Anda sedikit saja memberikan reaksi yang berlebih terhadap sikap pria yang sedang mendekati Anda. Jadi, Anda harus meminimalisir kesalahpahaman di antara kalian berdua dan selalu berusaha untuk bersikap dan bertutur kata sewajarnya dan biasa-biasa saja.

Ajak Rekan Saat Pergi Bersamanya

Saat dia mengajak Anda pergi dan Anda selalu mengusulkan untuk mengajak teman untuk ikut serta akan membuatnya menyadari bahwa Anda tidak memiiki rasa suka padanya. Cara lain adalah dengan menolak ajakan perginya secara halus dengan mengatakan Anda sudah memiliki janji dengan orang lain.

Jangan Membicarakan Masalah Pribadi

Ketika Anda tahu bahwa dia menyukai Anda sebaiknya jangan membahas masalah pribadi atau masalah keluarga kepadanya. Semakin dia mengetahui tentang hidup Anda, semakin memberikan peluang untuknya masuk lebih jauh ke hidup Anda.

Balas SMS/BBM Seperlunya

Saat dia mengirim pesan singkat atau BBM, sebaiknya jangan langsung dibalas. Biarkan beberapa saat dan dengan jawaban yang singkat dan seperlunya. Dia akan menangkap sinyal bahwa Anda tidak tertarik padanya. Intinya jangan berikan sedikit pun celah kepada dia untuk memperpanjang interaksi Anda dengannya melalui SMS/BBM ini.