Kembali ke Artikel

Mempertahankan Rasa Cinta Terhadap Pasangan Agar Hubungan Langgeng

Berkurangnya rasa cinta merupakan hal yang sering terjadi terutama ...

Terdapat sebuah hasil penelitian yang menyatakan bahwa satu dari lima perkawinan di dunia ternyata berakhir dengan perceraian. Perceraian tersebut tidak selalu diakibatkan oleh hadirnya orang ketiga atau perselingkuhan, namun juga disebabkan oleh berbagai faktor internal rumah tangga itu sendiri. Rasa cinta yang mulai memudar dan membuat hubungan terasa biasa saja kemungkinan akan menjadi satu penyebab retaknya rumah tangga.

Berkurangnya rasa cinta merupakan hal yang sering terjadi terutama pada pasangan yang sudah menjalin hubungan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini memang wajar, akan tetapi ada hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ketika rasa tertarik pada pasangan yang dulu menggebu-gebu pada saat pertama kali pacaran mulai berkurang, inilah waktunya untuk menumbuhkan rasa cinta yang sebenarnya dalam hubungan bersama pasangan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk tetap jatuh cinta pada pasangan dan sekaligus menjaga hubungan cinta atau pernikahan tetap harmonis.

Komunikasi

Usahakan untuk selalu berdiskusi dan mengomunikasikan segala sesuatunya dengan pasangan. Jangan biarkan sebuah masalah ataupun perasaan mengganjal tertahan terlalu lama dan nantinya akan meledak pada suatu saat. Faktanya, banyak sekali hubungan yang gagal karena masing-masing tidak membicarakan apa yang dirasakan terhadap satu sama lain. Dengan mengemukakan perbedaan pendapat dan menyampaikan keluhan pada pasangannya, niscaya akan memberikan kepuasan pernikahan yang lebih tinggi dan tingkat perceraian yang lebih rendah dibanding pasangan yang sering bertengkar dan saling menyalahkan atau mendiamkan. Tingkatkan keterampilan komunikasi Anda dengan pasangan. Belajarlah bagaimana mendengarkan, bagaimana berbicara sehingga mereka didengar, bagaimana untuk jujur meminta apa yang diinginkan, bagaimana mengatakan ya, bagaimana mengatakan tidak.

Sosok Terbaik

Ada baiknya Anda selalu berupaya untuk menemukan sosok terbaik dari pasangan daripada mengubah kebiasaan jeleknya. Sebuah hubungan akan bertahan lama jika masing-masing pasangan berusaha untuk melihat sisi terbaik dari pasangan mereka, sekalipun pada saat sang pasangan sedang tidak menunjukkan sosok tersebut. Cobalah untuk sesekali mengabaikan setiap hal-hal kecil menyebalkan yang sering dilakukan pasangan dan fokuslah hanya pada kebaikannya. Terdengar sederhana, tapi kadang memang sulit. Kita menginginkan pasangan menjadi sosok yang sempurna. Tapi pasangan itu hanya manusia biasa sebagaimana Anda juga, bukan. Pujilah pasangan pada hal-hal baik yang Anda suka darinya dan abaikan semua hal yang mengganggu dari pasangan Anda. Di akhir Minggu, Anda akan lebih menyadari perasaan cinta Anda pada pasangan.

Bina Cinta Anda

Terdapat banyak sekali teknik yang dilakukan pasangan untuk membuat Anda mengetahui bahwa dia sangat mencintai Anda, dan demikian juga sebaliknya. Dalam melakukan teknik ini, biasanya ada beberapa bahasa cinta yang bisa digunakan untuk mengekspresikan perasaan Anda pada pasangan. Apakah dengan diucapkan secara langsung, dengan menghabiskan quality time bersama, dengan memberi hadiah, dengan melayani pasangan, ataupun dengan sentuhan fisik. Temukan bahasa cinta yang paling cocok bagi Anda dan beritahukan pada pasangan supaya dia tahu bagaimana menunjukkan cintanya pada Anda. Terkadang seseorang akan menunjukkan cinta pada pasangannya dengan caranya ingin diperlakukan sebagai bukti bahwa dia dicintai. Bila ternyata satu sama lain memiliki persepsi dan bahasa cinta yang berbeda, bisa jadi pesan bahwa Anda mencintai pasangan malah tidak tersampaikan.

Bercinta Lebih Sering

Bagi pasangan yang sudah menikah, pasti mengetahui bahwa semakin sering Anda bercinta, ternyata semakin Anda menginginkannya. Akan tetapi hal ini juga biasanya berlaku sebaliknya. Tidak mustahil sepasang suami istri bisa kehilangan kebiasaan bercinta yang teratur. Bila saat ini sudah cukup lama Anda tidak bercinta dengan pasangan dan kehilangan hasrat untuk melakukannya, cobalah untuk memaksakan diri melakukan hubungan seks dengan suami selama satu Minggu penuh. Bercinta, terutama bila mencapai orgasme, terbukti akan membuat Anda menjadi lebih bahagia. Bahkan bila mungkin saat ini Anda sedang merasa jauh dari pasangan, cobalah untuk bercinta selama satu Minggu penuh dan lihatlah apa yang akan terjadi. Pasti Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan.

Perhatikan Hal-Hal Kecil dan Jangan Saling Menyalahkan

Selain meluangkan banyak waktu bersama, perlu untuk menempatkan upaya nyata dalam menunjukkan penghargaan akan pasangan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, sangat dianjurkan untuk tidak saling menyalahkan dalam kehidupan sehari-hari. Daripada selalu mencari siapa yang salah dalam suatu permasalahan, lebih baik Anda berdiskusi dengan kepala dingin untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut sehingga tidak akan terulang di waktu mendatang.

Menciptakan Lebih Banyak Waktu Bersama

Saat pasangan memutuskan untuk memiliki keturunan, pengasuhan anak-anak menjadi prioritas utama. Tetapi begitu sibuk dengan anak-anak sehingga tidak banyak menghabiskan cukup waktu bersama suami. Orang kadang-kadang kehilangan individualitas setelah mereka memiliki anak. Ini tidak baik karena siapa Anda sebelum Anda memiliki anak-anak, yang membuat suami Anda jatuh cinta.