Kembali ke Artikel

Mengatasi Kejenuhan Dalam Hubungan

Sadari Bahwa Kebosanan Itu Normal

Setiap pasangan pasti pernah mengalami kebosanan atau kejenuhan dalam hubungan cintanya. Faktanya bahwa salah satu penyebab perpisahan atau keretakan  dalam sebuah hubungan seringkali disebabkan oleh timbulnya rasa jenuh atau bosan. Sesungguhnya rasa bosan atau jenuh bisa merupakan tanda bahwa bahwa hubungan yang sedang dibina oleh suatu pasangan itu sudah mencapai titik stabil dan stagnan.

Di titik ini sebuah hubungan sudah diisi dengan pemahaman antar pasangan, komunikasi yang sudah terjalin sangat baik dan juga kecocokan yang terbentuk sedemikian rupa. Namun, seringkali di titik stabil ini muncul rasa bosan atau jenuh karean rasa saling mengenal yang sudah mendalam. Rasa bosan ini diartikan kebanyakan orang menjadi kurangnya perasaan cinta dan berkurangnya perasaan rindu untuk bertemu dan bercengkerama. Tentu saja perasaan cinta yang di awal hubungan begitu menggebu-gebu makan ulai memudar karena hal ini. Berikut ini beberap tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi rasa bosan dalam hubungan.

Sadari Bahwa Kebosanan Itu Normal

Perlu diingat bahwa kejenuhan bukan berarti Anda dan pasangan sudah tidak lagi saling mencintai satu sama lain, namun Anda dan dia hanya kekurangan aktifitas yang menarik atau yang bisa membangkitkan kembali semangat dan gairah yang telah pudar.

Kumpul Bersama Teman

Biasanya ketika seseorang memasuki hubungan mereka cenderung mengurangi waktu bersama teman-temannya. Hal ini ternyata akan memicu kebosanan secara cepat, oleh karena itu cobalah sesekali untuk pergi bersama teman-teman juga. Akan lebih baik jika Anda mengajak pasangan untuk bergabung dan nongkrong di komunitas Anda.

Mengunjungi Tempat yang Pernah Dikunjungi Bersama

Beberapa tempat pasti memiliki kesan yang mendalam bagi hubungan Anda. Tempat pertama kali bertemu dengan kekasih, pertama kali kencan dan pacaran, pasti tidak akan pernah Anda lupakan. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut dan mengenang kisah romantis itu bersama pacar Anda. Dengan mengenang dan bernostalgia, biasanya hubungan asmara Anda akan menjadi hangat kembali.

Lakukan Aktifitas Menyenangkan Sendirian

Terlalu sering menghabiskan waktu bersama pacar bisa memicu kebosanan. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda dan pasangan harus memiliki kehidupan masing-masing yang menarik. Lakukan aktivitas Anda sendiri tanpa kekasih Anda. Temui teman-teman Anda, habiskan waktu bersama mereka. Beri juga kekasih Anda kesempatan untuk menjalani kehidupan pribadinya.

Aktifitas Berdua

Coba ikut kelas/kursus unik yang memang sengaja disusun untuk pasangan. Misalnya memasak bersama, outbound bersama. Kegiatan ini akan mendorong kalian menjadi kreatif dan membentuk kerjasama di tempat lain selain di dalam pacaran saja. Selain jadi pengalaman yang unik, juga akan me-refresh rutinitas pacaran kalian selama ini.

Berikan Kejutan

Ketika Anda dan pasangan menganggap rasa cinta sudah mulai memudar, ini adalah kesempatan yang baik untuk memberikan kejutan untuk pasangan. Beri dia kejutan yang tidak disangka-sangka, seperti memberikan hadiah yang disukainya. Tidak perlu menunggu saat spesial untuk melakukannya dan juga jangan terlalu lama untuk berpikir memberikan kejutan yang besar dan super spesial. Kejutan-kejutan yang kecil pun dijamin bisa membuat hubungan Anda hangat kembali.

Ubah Kebiasaan/Rutinitas

Kreatifitas seseorang sebenarnya tidak terbatas tapi seringkali ketika dalam pacaran malah terbentur dan jadi nyaman dengan kebiasaan/rutinitas. Kreatifitas kecil pada sebuah date akan membantu kamu dan pasangan memecahkan kebosanan. Misalnya tiba-tiba ajak dia makan-makanan yang aneh, misalnya kuliner India atau Thailand. Atau bisa juga diam-diam selipkan kartu Hallmark yang puitis di tasnya setelah date.

Aktivitas yang Berbeda

Melakukan aktivitas dan yang sama terus menerus bisa memicu kebosanan. Sesekali ubah jadwal acara pacaran Anda dan kekasih. Coba untuk mengubah kegiatan akhir pekan Anda. Jalan-jalan ke museum, rekreasi ke kebun binatang, piknik ke taman bisa menciptakan suasana baru untuk hubungan Anda.