Kembali ke Artikel

Tips Membangun Kepercayaan Terhadap Pasangan

Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah memang akan selalu muncul dalam sebuah hubungan, akan tetapi ...

Pernahkah Anda mengukur atau mencari tahu seberapa besar kepercayaan Anda terhadap pasangan. Mungkin pernah juga terlintas di pikiran Anda apakah ada hal-hal yang dapat membuat rasa percaya terhadap pasangan akan berkurang. Jika pernah, maka Anda harus mencari tahu apakah ada masalah yang membuat Anda sulit memercayai pasangan Anda sendiri. Rasa percaya merupakan salah satu hal yang terpenting dan hal yang mendasar dalam menjalin hubungan dengan pasangan terlebih lagi untuk membina hubungan untuk jenjang selanjutnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah memang akan selalu muncul dalam sebuah hubungan, akan tetapi kita harus pintar meminimalisir masalah tersebut dan sebisa mungkin menghindarinya. Berikut ini beberapa penjelasan tentang bagaimana upaya yang harus dilakukan jika Anda atau pasangan bermasalah untuk saling mempercayai satu sama lain.

Konsisten

Ketika Anda berdua sudah menetapkan suatu kesepakatan bersama mengenai suatu hal, maka sebisa mungkin taati dan laksanakan kesepakatan itu. Jangan sampai Anda dianggap orang yang tidak mempunyai pendirian tetap sehingga pasangan akan mengurangi rasa percaya bahkan hormatnya kepada Anda.

Ketepatan Waktu

Contohnya, ketika Anda berdua akan pergi ke undangan pernikahan, cobalah untuk mengerti bahwa wanita biasanya butuh waktu lebih lama untuk berdandan daripada pria. Tak jarang, akhirnya timbul pertengkaran dan kesalahpahaman karena waktu keberangkatan tertunda lama akibat hal ini.

Menepati Janji

Ketika sudah mengatakan bahwa Anda akan mengubah sikap buruk Anda, segera lakukan. Wanita suka dengan pria yang menepati janjinya, apalagi jika Anda sudah berkomitmen untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Niscaya, kepercayaan atau bahkan kekaguman akan Anda dapatkan secara instan dari pasangan.

Hindari Kebohongan

Ingatlah bahwa jika Anda berbohong untuk kebaikan sekalipun, maka jangan harap pasangan akan mempercayai Anda di masa mendatang. Hindari melakukan kebohongan sekecil apa pun, ini tentu saja tidak berlaku bagi pasangan saja, namun juga berlaku kepada orang lain.

Adil

Semua orang di dunia ini akan selalu menyukai keadilan dan menuntut diperlakukan secara adil setiap waktu oleh orang-orang di sekitarnya. Saat sedang bertengkar sekalipun, upayakan untuk selalu tetap adil dalam memperlakukan pasangan. Terlebih lagi hindari kekerasan dan bentrokan fisik ketika pertengkaran terjadi.

Lebih Peka Terhadap Perasaan

sering kali pria gagal memahami keinginan wanita dikarenakan mereka pada dasarnya tidak peka terhadap perasaan wanita sebenarnya. Boleh saja Anda tidak setuju pada keputusan atau sikapnya, akan tetapi tetaplah berusaha untuk menghargai perasaannya.

Janji Untuk Menelepon

Para pria sering menganggap hal ini sepele, padahal wanita akan selalu ingat dan menanti janji untuk menelepon dari pasangannya. Jadi, sesibuk apa pun Anda di kantor atau sekalipun Anda tengah asyik mengobrol dengan teman di restoran, jangan lupa untuk meneleponnya pada waktu yang telah Anda janjikan sebelumnya.

Beritahu Bila Anda Terlambat Pulang

Tak ada yang senang menunggu tanpa kepastian, begitu pula dengan pasangan Anda. Bila ternyata pekerjaan masih harus diselesaikan atau ingin bernostalgia dengan teman lama sepulang kantor, beritahukan padanya bahwa Anda terlambat pulang.

Pembagian Tugas

Bagi pasangan suami istri, buatlah suatu pembagian tugas yang adil dan tidak terlalu memberatkan suatu pihak. Usahakan jangan ada salah satu pihak yang merasa mendapat beban pekerjaan lebih berat dibanding pasangannya.

Tidak Bereaksi Berlebihan

Ketika terjadi masalah atau sesuatu tidak berjalan sesuai harapan, maka usahakan jangan bereaksi berlebihan apalagi melibatkan emosi yang bisa menyinggung atau menyakiti hati pasangan Anda.

Hati-hati Saat Bicara

Pikir baik-baik sebelum mengatakan sesuatu kepada pasangan Anda. Hindari mengatakan hal-hal yang akan Anda sesali setelahnya. Karena belum tentu, ucapan Anda bisa ditarik kembali. Perkataan yang buruk apalagi kasar bisa meninggalkan bekas yang dalam buat pasangan, oleh karena itu pilihlah kata-kata yang baik dan lebih sopan dalam bertutur kata itu sangat dianjurkan ketika berkomunikasi dengan pasangan.

Jangan Mengungkit Luka Lama

Manusia tidak ada yang sempurna dan luput dari kesalahan. Apabila pasangan Anda pernah punya kesalahan atau khilaf, tapi Anda sudah memaafkan dan dia sudah berusaha menebusnya, biarkanlah hal itu menjadi cerita masa lalu dan tidak ada gunanya untuk mengungkitnya lagi.