Breadcrumbs

5 Cara Membuat Wanita Orgasme

dr. Valda Gracia

Ketimbang pria, wanita lebih sulit mencapai orgasme. Sudah tahu cara membuat orgasme? Jika belum, segera lakukan cara ini.

Dibandingkan pria, wanita lebih sulit mencapai orgasme. Namun pada satu sesi bercinta, wanita bisa orgasme lebih dari sekali. Untuk memastikan wanita mencapai orgasme, ada beberapa cara jitu yang mesti dicoba!

Bicara tentang kepuasan seksual, bukan orgasme pada pria saja targetnya, tetapi juga pada wanita.

Orgasme, apa itu?

Orgasme adalah puncak kepuasan ketika berhubungan seksual. Baik pria maupun wanita bisa mengalami orgasme, tetapi sering kali orgasme wanita sulit dicapai. Bisa karena kurangnya informasi atau pasangannya tak terlalu peduli.

Saat orgasme, pria butuh waktu relaksasi untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula. Sedangkan pada wanita, proses akan terus berlanjut jika wanita tetap diberi rangsangan. Ini yang disebut sebagai multi orgasme.

Tanda-tanda wanita mengalami orgasme

Meski sensasi orgasmik bisa berbeda-beda, tetapi inilah tanda umum orgsame pada wanita:

  • Peningkatan denyut jantung
  • Peningkatan laju pernapasan
  • Peningkatan tekanan darah
  • Bagian wajah hingga leher menjadi merah
  • Vagina mengejang
  • Perubahan pada payudara
  • Kontraksi pada rahim dan vagina

Meski demikian, semua tanda di atas belum tentu ditemukan pada wanita yang sedang orgasme. Bahkan, bisa saja wanita tidak mengalami perubahan fisik apa pun. Menurut beberapa penelitian, orgasme juga bisa terjadi tanpa hubungan seksual.

Pada pria, biasanya orgasme bisa bertahan selama 13-51 detik. Pada wanita bisa lebih lama, terlebih jika terus-menerus diberi rangsangan.

Tips untuk meraih orgasme pada wanita

Meski belum tentu menjadi penjamin kepuasan seksual, orgasme wanita sangat penting. Sayangnya, berdasarkan penelitian, sekitar 15-20 persen wanita tidak pernah orgasme.

Ada beberapa faktor penyulit orgasme, misalnya trauma masa lalu, tidak percaya diri, kurang percaya dengan pasangan, pasangan tidak memuaskan, dan lain-lain.

Demi tercapainya orgasme, lakukan tips ini:

  1. Memahami diri sendiri

Kenali apa yang menjadi penyebab sulit mencapai orgasme, terlebih pemahaman mengenai tujuan dari seks.

Bukan hanya untuk melampiaskan nafsu, seks juga dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan, termasuk rasa percaya antara satu sama lain.

Komunikasikan kepada pasangan mengenai apa yang Anda inginkan.

  1. Menggunakan pelumas

Lubrikasi vagina sangat penting dalam sesi bercinta—menandakan vagina siap dipenetrasi, sehingga mencegah iritasi dan nyeri.

Lubrikasi sebetulnya terjadi secara alami saat mengalami rangsangan. Namun, sebagian wanita butuh lubrikan karena kondisi vagina yang kering. Penggunaan pelumas bisa menjadi solusi. Agar seks lebih seru, Anda juga bisa memilih pelumas khusus yang bisa dimanfaatkan untuk memberi pijatan sensual penambah rangsangan.

Pilihlah pelumas berbahan dasar air, tidak lengket, tidak berwarna, tidak berminyak, dan tidak berasa; tidak menyebabkan iritasi kulit; aman digunakan bersama kondom; dan mempertahankan pelumas alami tubuh.

  1. Pakai alat bantu seks

Berdasarkan penelitian, orgasme pada wanita tidak selalu dipicu oleh penetrasi di liang vagina.

Oleh karena itu, alat bantu seks bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan stimulus pada vagina, sehingga bisa membantu meraih orgasme. Seks pun jadi lebih seru!

  1. Menggunakan kondom yang tipis

Tak hanya sebagai alat kontrasepsi, kondom juga bisa membuat seks dengan pasangan lebih ‘hidup’.

Manfaatkan kondom yang tipis untuk meningkatkan stimulus pada dinding vagina dan sensitivitas, sehingga bisa berbuah orgasme. Pilih juga kondom berbahan lateks alami dan punya fitur easy-on shape.

  1. Memperhatikan posisi ketika berhubungan seksual

Posisi dapat menentukan rangsangan yang diberikan. Studi dalam jurnal “Clinical Anatomy” tahun 2016 menemukan ada beberapa posisi yang bisa meningkatkan peluang orgasme pada wanita. Dikatakan, orgasme lebih mungkin terjadi jika ada stimulasi pada dinding depan vagina. Posisi yang direkomendasikan: misionaris dan wanita di atas (cowgirl).

Meski ada banyak cara untuk membuat wanita mencapai orgasme, tetapi kunci terpenting adalah komunikasi dengan pasangan agar tercipta suasana yang nyaman dan saling percaya. Ditambah dengan tercapainya orgasme pada wanita maupun pria, itulah tolak ukur puncak kepuasan seks.

 

(RN/ RH)