Breadcrumbs

Alat Kontrasepsi Paling Nyaman?

Alat kontrasepsi apa yang paling nyaman?

 

Alat kontrasepsi apa yang paling nyaman?

Kesadaran untuk menggunakan kondom sebagai salah satu alat kontrasepsi ternyata masih sangat minim. Menurut data BKKBN pada 2016, penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi di Indonesia masih berkisar 3,15 persen dari keseluruhan peserta aktif KB. Namun, jika dilihat lebih lanjut, seperti apa sih fakta sebenarnya mengenai penggunaan alat kontrasepsi di Indonesia.

Alat Kontrasepsi Masih Tabu

Di Indonesia, penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi masih dianggap tabu untuk dimiliki dan digunakan. Nggak cuma itu, adanya anggapan bahwa penggunaan kondom dapat memengaruhi kepuasaan saat berhubungan seks juga jadi alasan kuat bagi para pria untuk tidak menggunakan kondom.

Keengganan pakai kondom ini menyebabkan alat kontrasepsi hormonal, seperti suntikan, pil, implan dan intrauterine device (IUD) atau spiral pada wanita, masih jadi pilihan utama pagi suami istri peserta aktif Keluarga Berencana.

Alat Kontrasepsi Minim Risiko

Faktanya, menurut Firman Santoso, Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya. Mengatakan bahwa kondom adalah alat kontrasepsi non hormonal yang paling minim resiko. Kondom merupakan alat kontrasepsi yang efektif dan efisien untuk mencegah kehamilan tidak diinginkan. Selain itu, penggunaan kondom juga dapat mencegah penularan penyakit menular seksual (PMS) seperti herpes genital, HIV/AIDS, dan juga infeksi HPV penyebab kanker serviks.

Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi, kata Firman, tidak akan memberi efek tertentu pada tubuh. Berbeda dengan penggunaan pil KB atau alat kontrasepsi hormonal lainnya yang saat ini lebih diminati di Indonesia.

Nyaman & Tidak Mudah Bocor

Dari penjelasan tersebut, alat kontrasepsi sebenarnya tidak melulu membuat ribet atau tidak nyaman untuk digunakan. Sebagai alat kontrasepsi, kondom bisa menjadi salah satu pilihan alat kontrasepsi yang nyaman dan tidak mudah bocor. Namun, untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanannya, sebaiknya pilih jenis produk yang memang mengutamakan dua hal penting tersebut. Durex Extra Safe bisa menjadi pilihan karena memiliki perlindungan maksimal dan bahan kondom yang dapat mengikuti bentuk Mr. P sehingga nyaman dipakai.