Breadcrumbs

Apa Itu Cinta? Ikatan Antara Rasa Nyaman dan Aman

Semua dari kamu pasti pernah merasakan cinta kepada seseorang. Tanpa adanya cinta mungkin hidup akan terasa sangat hampa dan tidak berwarna. Namun, pernah berpikir ngga sih apa itu cinta? Cinta bisa diidentikkan dengan rasa sayang, peduli, dan rasa untuk tidak ingin kehilangan antara satu orang dan orang lainnya. Cinta bisa tumbuh kapan saja dan kepada siapa saja, baik yang tidak pernah bertemu, baru bertemu, maupun yang sudah lama bertemu.

Sebenarnya, apa itu cinta?

Apa itu cinta atau apa arti cinta mungkin bisa ditafsirkan berbeda-beda oleh setiap orang. John Mayer bilang kalo ada yang ngomong semua yang dibutuhkan itu adalah cinta adalah bohong besar karena katanya kita punya cinta tapi kita masih suka mengucapkan kata-kata untuk berpisah. Dalam banget yah! Tapi kalo dilihat lebih lanjut benar juga sih dan dari penjelasan sebelumnya kan dibilang kalo setiap orang memang punya persepsinya sendiri mengenai apa itu cinta dan apa arti cinta.

Namun, biar ngga semudah itu bilang kata berpisah, ada baiknya kamu pertimbangkan dua hal yang benar-benar harus dimiliki agar tetap bisa menghargai cinta. Dua hal itu adalah rasa nyaman dan aman. Setuju ngga sih?

Kalau antara satu orang dengan orang lainnya sudah punya rasa nyaman kemungkinan memiliki rasa cinta itu akan semakin besar. Rasa nyaman merupakan salah satu alasan yang membuat orang bisa sayang beneran dan saling jatuh cinta. Diawali dengan kenal yang biasa-biasa saja, lalu PDKT, mengobrol dan merasa nyambung, hingga akhirnya memiliki hubungan yang nyaman antara satu sama lain.  

Selain rasa nyaman, rasa aman juga merupakan faktor yang bisa bikin seseorang sayang beneran dan saling jatuh cinta. Apalagi perempuan, pasti suka dekat sama laki-laki yang bisa membuatnya aman saat berada di sampingnya. Pasti ngga ada yang mau dong saat menjalani hubungan atas nama cinta malah membuat kehidupan sehari-harinya menjadi terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mencapai rasa nyaman dan aman dalam berhubungan, ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan saat menjalin hubungan percintaan.  Pasangan harus bisa saling menjaga komunikasi dan saling mendengarkan. Hal yang membuat pasangan, khususnya perempuan, merasa aman adalah apakah benar laki-laki yang dicintainya itu benar-benar mendengarkannya karena ia menganggap jika laki-laki mendengarkan berarti dia benar-benar memberikan perhatiannya dan memahami apa yang dia katakan dan dia rasakan.

Yakinkan bahwa pasangan melakukan apa yang dikatakan. "Do what she/he says" dan jangan sampai membuatnya kecewa dengan tingkah laku yang tidak bertanggung jawab, seperti berbohong.

Yang terakhir adalah jujur. Hal yang benar-benar membuat perempuan merasa aman adalah jika memiliki pasangan yang jujur. Jika kamu tidak bisa menemaninya, bilang aja jujur kenapa ngga bisa. Jangan sampai hal-hal tersebut justru membuat makna apa itu cinta menjadi hilang.