Breadcrumbs

Cara Berhubungan Saat Hamil Muda Atau Trimester Pertama

Para wanita hamil dan pasangannya kerap bertanya-tanya, amankah berhubungan badan saat sedang hamil? Seks adalah bagian alami dan normal saat hamil. Penetrasi dan berhubungan badan saat hamil muda tidak akan berbahaya bagi janin Anda. Janin bayi dilindungi oleh dinding otot perut dan rahim, selain itu kantung ketuban juga membantu melindungi janin.

 

3 Cara berhubungan badan saat hamil muda atau trimester pertama

 

1. Diskusikan kekhawatiran Anda tentang seks pada trimester pertama

Tidak perlu menghindari berhubungan badan saat hamil muda jika Anda tidak mengalami komplikasi. Dokter Anda akan memberi saran tertentu jika Anda mengalami masalah terkait kehamilan, namun secara umum, melakukan seks dalam trimester pertama kehamilan sangatlah aman. Selama Anda merasa nyaman dan tidak mengalami masalah kehamilan, silakan lakukan dan nikmati seks bersama pasangan di awal kehamilan.

 

2. Lupakan mitos

Berbagai mitos tentang berhubungan badan saat hamil muda atau trimester pertama mungkin membuat Anda takut. Beberapa mitos umum yang sering didengar di antaranya:

 

  • Seks dapat menyebabkan keguguran: ini merupakan salah satu mitos terbesar yang menjadi pertanyaan para pasangan
  • Seks dapat melukai embrio atau janin: ada mitos yang menyatakan bahwa dorongan penis pada leher rahim saat berhubungan intim akan melukai kandungan
  • Orgasme meningkatkan resiko keguguran: ada juga mitos bahwa kontraksi selama orgasme dapat memicu keguguran

 

Perlu Anda ketahui bahwa semua mitos di atas belum pernah terbukti kebenarannya, terutama jika Anda tidak memiliki faktor resiko tertentu dan kehamilan Anda normal. Sebagian besar keguguran terjadi di trimester pertama, namun umumnya disebabkan oleh problem pada janin, bukan karena hubungan seks. Tidak perlu khawatir tentang mitos-mitos di atas kecuali Anda memiliki riwayat keguguran atau kehamilan beresiko tinggi.

 

3. Mengatasi efek negatif psikologis

Banyak wanita merasa tidak percaya diri saat sedang hamil, dan hal ini dapat menurunkan libido saat kehamilan. Perubahan hormonal dan faktor lainnya pada saat hamil muda dapat menciptakan halangan psikologis untuk berhubungan badan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi libido wanita hamil diantaranya:

 

  • Gejala hamil muda seperti mual dan muntah, kelelahan, dan meningkatnya frekuensi buang air kecil dapat membuat wanita enggan melakukan hubungan badan
  • Perubahan hormon pada trimester pertama dapat mengakibatkan perubahan mood yang signifikan dan hasrat seksual
  • Rasa takut dan khawatir menghadapi kehamilan, terutama bagi wanita yang baru pertama kali hamil

 

Sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk memahami berbagai faktor yang dapat mempengaruhi wanita hamil, terutama pada trimester pertama saat ia sedang beradaptasi dengan kondisi kehamilan. Tidak perlu memaksakan hubungan seks jika pasangan sedang tidak mood, namun Anda dapat mencoba merangsang libido dengan memberi perhatian ekstra pada pasangan. Anda dapat mencoba bermesraan dengan melakukan pijatan lembut nan sensual bagi pasangan.

 

Anda dapat menggunakan Durex Play Massage 2in1 sebagai minyak pijat saat melakukan aktivitas ini. Tak perlu khawatir akan efek samping, pelumas sekaligus minyak pijat ini berbahan dasar air dan terbuat dari formula yang lembut sehingga aman digunakan saat hamil.

 

Dengan memperhatikan cara-cara berhubungan badan saat hamil muda atau trimester pertama di atas, Anda dan pasangan dapat tetap menikmati berhubungan seks tanpa rasa khawatir. Seks saat hamil juga akan memberikan sensasi yang berbeda dan istimewa, maka nikmatilah momen-momen spesial bersama pasangan dengan berbagai aktivitas sensual yang mesra.