Breadcrumbs

Cara Cegah Kehamilan Tanpa KB untuk Pasangan Baru Menikah

Memiliki kehidupan baru sebagai pasangan suami istri pasti jadi salah satu momen  yang paling membahagiakan dan tidak terlupakan yah, Lovers. Tapi, tahu tidak sih, bagi sebagian orang, selepas menjadi pasangan suami istri bukanlah suatu hal yang sepele.

Cara Cegah Kehamilan

Banyak dari mereka memilih untuk cari tahu cara cegah kehamilan karena merasa belum siap secara emosional dan finansial untuk menjadi orang tua. Di sisi lain, mereka juga tidak mau kehidupan seksualnya terganggu karena program KB yang menurut mereka membuat tidak nyaman. Dengan alasan ini, banyak pasangan baru menikah yang memilih untuk menemukan cara cegah kehamilan tanpa KB agar tetap bisa menjadi pasangan suami istri yang #SayangBeneran.

Cara Cegah Kehamilan Tanpa KB

Terdapat beberapa cara cegah kehamilan tanpa KB dengan tetap bisa menjaga kehidupan seksual yang sehat & nyaman. Metode-metode yang dapat dilakukan bervariasi dan bisa dipilih tanpa melupakan faktor kenyamanannya.

Metode natural, alamiah, atau kalender

Metode alamiah yang sudah lama digunakan ini menghitung masa subur wanita melalui siklus haid. Pasangan suami istri dapat melakukan hubungan seksual pada hari-hari tertentu agar tidak terjadi pembuahan walau tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Namun, metode ini tidak memberikan efektivitas yang pasti sehingga tidak dapat sepenuhnya dapat diandalkan.

Metode “Buang di luar”

Metode ini disebut juga coitus interruptus yang berarti mengeluarkan penis dari vagina sebelum terjadi ejakulasi. Teknik ini secara logika cukup aktif dilakukan tanpa pengaman tambahan, tapi perlu dilakukan secara hati-hati karena memerlukan kontrol diri yang baik. Menimbang risikonya, cegah kehamilan dengan cara ini tidak sepenuhnya aman dan lebih baik untuk mempertimbangkan pilihan berikut.

Kondom

Kondom merupakan salah satu alat konstrasepsi paling aman. Walau efektifitasnya tidak 100%, metode ini hampir selalu efektif. Sebelum digunakan, penting untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa, cara penyimpanan, dan cara pemakaian yang benar. Keuntungan tambahan dari kondom adalah dapat mencegahan dari penularan penyakit menular seksual.

Itulah beberapa cara cegah kehamilan tanpa KB yang bisa kamu lakukan sebagai pasangan baru menikah. Dari beberapa referensi, mana nih yang menurut kamu paling worth it untuk dicoba? Apapun itu, perlu diingat ya, Lovers, bahwa safe sex selalu merupakan pilihan terbaik.