Breadcrumbs

Dari Jeroan Hewan Hingga Lateks Durex, Simak Sejarah Unik Kondom yang Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu!

Anda mungkin berpikir bahwa kondom merupakan penemuan modern. Memang benar, kondom berbahan lateks seperti Durex kondom yang umum digunakan baru diciptakan pada tahun 1800-an, namun sejak 13.000 tahun lalu, manusia purba juga sudah memikirkan mengenai hubungan seks yang aman.

Kondom dahulu kala tentu saja tidak seefektif dan senyaman kondom Durex yang berteknologi tinggi. Pada saat itu, para pria mencoba berbagai metode kontrasepsi yang ajaib untuk melindungi dirinya dari penyakit serta mencegah kehamilan sebelum akhirnya menciptakan model kondom saat ini.

Tanduk hewan, usus domba, hingga sejarah terciptanya kondom Durex

Kulit dan jeroan hewan sebagai kondom

Tahukah Anda, kondom dulu digunakan sebagai alat pelindung dari gigitan serangga saat berhubungan seks? Salah satu referensi terawal munculnya kondom dapat ditemukan pada hieroglif Mesir. Pria Mesir menggunakan cawat untuk melindungi kemaluan mereka dari paparan sinar matahari. Para sejarawan juga menemukan bahwa mereka membungkus penis dengan lembaran kain linen tipis, yang berfungsi untuk melindungi dari gigitan serangga saat berhubungan seks.

Mitologi Yunani juga menyebutkan kisah Raja Minos, yang dikatakan memiliki “ular dan kalajengking” di air maninya, sehingga ia menggunakan kontrasepsi khusus untuk melindungi pasangannya dari rasa sakit saat melakukan hubungan badan. Spekulasi para ahli menyatakan bahwa kondom tersebut kemungkinan besar adalah kantung kemih kambing. Para pria Romawi kuno juga kerap menggunakan kantung kemih dan usus hewan sebagai alat kontrasepsi pada masa tersebut.

Orang Jepang dan Cina juga mulai menciptakan kondom yang terbuat dari berbagai material mulai dari jeroan hewan, kertas sutra, tanduk hewan, dan bahkan kulit kura-kura! Untungnya, kini Anda tidak perlu menggunakan tanduk hewan sebagai alat kontrasepsi, berkat perkembangan teknologi kondom Durex yang terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Penemuan bahan lateks dan terciptanya Durex kondom

Pada akhir abad ke-18, kondom berbahan jeroan hewan telah menjadi alat kontrasepsi yang populer. Namun kondom kuno ini cukup mahal sehingga banyak orang yang menggunakannya berkali-kali. Semua ini berubah saat kondom berbahan karet diciptakan pada tahun 1855. Meskipun lebih murah, kondom karet mudah copot dan hanya melindungi ujung penis, selain itu ukurannya tidak fleksibel.

Bahan lateks yang baru ditemukan di tahun 1920 menjadi titik mula terciptanya model kondom modern. Dan Durex kondom berbahan lateks pun mulai dijual secara komersil pada tahun 1929. Sebagai salah satu produsen kondom pertama di dunia, perusahaan kondom Durex terus melakukan riset yang intensif untuk mengembangkan teknologi kondom modern. Kondom Durex merupakan merek kondom pertama yang menciptakan dan menggunakan uji kualitas secara elektronik sejak 1953.

Inovasi penting lainnya dalam teknologi kondom yang dipersembahkan Durex kondom adalah desain bentuk kondom sesuai anatomi penis. Tak hanya itu, Durex kondom juga merupakan produsen kondom pertama yang memperkenalkan desain kondom bertekstur gerigi dan bintil untuk membantu stimulasi seksual. Tak heran jika Durex dinobatkan sebagai merek kondom nomor satu di dunia hingga saat ini.