Breadcrumbs

Eduka5eks: Yuk Ikutan Ngobrolin Seksualitas Di Sini!

Mau ikutan ngobrolin seksualitas? Eits jangan salah paham dulu, ngomongin seksualitas di sini maksudnya bukan hal-hal menjurus porno lho. Seksualitas bukanlah tentang dengan siapa kamu berhubungan seks, atau seberapa sering kamu melakukannya. Seksualitas adalah hal-hal yang terkait perasaan, pikiran, daya tarik, serta perilaku seksual kamu terhadap orang lain.

Misalnya, ketika kamu naksir teman sekelas, atau saat kamu merasa tertarik dengan seseorang baik secara fisik, seksual, atau pun emosional, semua ini adalah bagian dari seksualitas kamu. Seksualitas itu sangatlah beragam dan bersifat personal, dan merupakan bagian penting dari siapa jati dirimu.

Ini mengapa diskusi sehat tentang seksualitas sangatlah dibutuhkan, terutama bagi kamu-kamu yang saat ini sedang melalui fase pubertas. Oleh karena itu, Durex meluncurkan kampanye EDUKA5EKS yang ditujukan untuk semua kalangan, mulai dari anak muda hingga orangtua.

EDUKA5EKS adalah 5 langkah mudah untuk memahami seksualitas diri sendiri melalui pengetahuan kesehatan seksual dan reproduksi. Tujuan kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesehatan kehidupan seksual dan reproduksi bagi semua orang di Indonesia.

 1. Ayo pahami

Memberikan pengetahuan yang memadai dan benar seputar KSR sehingga kamu dapat menjaga kesehatan diri sendiri serta orang-orang yang kamu sayangi. Berbagai topik terkait KSR akan dibahas secara mendalam sehingga kamu dapat memahami perkembangan tubuhmu mulai dari pubertas hingga memasuki usia dewasa. Yuk Baca Disini!

2. Mari bicara

Persepsi tabu kerap menghambat orang-orang untuk mulai membicarakan hal seputar KSR, padahal sangatlah penting untuk dapat berdiskusi secara terbuka dalam ranah yang benar. Misalnya dengan berdiskusi bersama orangtua, kamu bisa mendapatkan informasi dan jawaban atas segala pertanyaan yang kamu miliki seputar KSR.  Yuk Baca Disini!

3. Saling menghargai

Komunikasi yang terbuka, tidak menghakimi, apalagi menertawakan, adalah kunci saling menghargai saat berdiskusi tentang kesehatan seksual dan reproduksi. Ingatlah, setiap orang berbeda-beda dan memiliki hak sepenuhnya atas keputusan dan kehidupan mereka. Bukalah pikiranmu dan jangan paksakan kehendak pribadimu! Yuk Baca Disini!

4. Selalu bertanggung jawab

Salah satu unsur terbesar dalam proses pendewasaan adalah tanggung jawabmu atas dirimu sendiri. Setiap anak muda ingin bisa mandiri dalam segala aspek kehidupannya, namun hal ini juga harus dibarengi dengan pemikiran yang dewasa. Sayangilah dirimu sendiri dengan selalu berpikir panjang dan memahami segala risiko dari setiap tindakan yang kamu lakukan.

5. Cek rutin

Menjaga kesehatan seksual dan reproduksi tidak kalah penting dari kesehatan area tubuh lainnya. Oleh sebab itu, mulailah membiasakan diri memeriksa tubuh dan kesehatan seksual secara rutin. Ingatlah, checking is caring!