Breadcrumbs

Kamu Wajib Tahu Berbagai Risiko Aktivitas Seksual Tidak Aman Berikut Ini

Tahukah kamu? Usia ideal untuk perempuan untuk hamil sebaiknya di atas 20 tahun. Hal ini dikarenakan organ reproduksi perempuan berusia di bawah 20 tahun masih belum sempurna. Kehamilan muda di bawah usia tersebut akan memiliki risiko tinggi bagi ibu dan janinnya, seperti komplikasi, berat bayi rendah, kecacatan pada bayi, bahkan hingga risiko kematian ibu dan bayi.

Berbagai Risiko Aktivitas Seksual Tidak Aman, Dari Kehamilan Dini Hingga Penyakit Menular Seksual

Selain risiko kehamilan, aktivitas seksual tidak aman juga berisiko tinggi penularan penyakit seksual. Penyakit menular seksual adalah infeksi yang menular saat kamu berhubungan seks dengan seseorang yang mengidap penyakit tersebut. Belum lagi, banyak remaja yang masih buta akan pengetahuan penyakit menular seksual. Sebagian besar hanya mengetahui HIV/AIDS, padahal masih banyak penyakit menular seksual lainnya yang berisiko tinggi, khususnya sifilis dan gonorrhea.

Risiko Kehamilan Dini Pada Remaja

Bagi para remaja, risiko dari kehamilan dini penting diketahui agar kamu dapat mempertimbangkan konsekuensi yang dapat berakibat fatal!

Berbagai risiko kehamilan di bawah 20 tahun:

  • Bayi prematur: disebabkan alat reproduksi yang belum sempurna dan kurangnya gizi saat kehamilan.
  • Berat bayi rendah: bayi yang lahir dengan kondisi ini akan memerlukan perawatan ekstra dalam inkubator hingga mencapai berat normal.
  • Risiko cacat: saat hamil terlalu muda, kebutuhan nutrisi ibu dan bayi mungkin tidak terpenuhi, sehingga risiko kelainan atau cacat bawaan lahir semakin besar.
  • Meningkatnya preeklamsia: komplikasi saat kehamilan ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ. Preeklamsia merupakan kondisi medis serius yang bisa mengancam keselamatan ibu dan janin.
  • Risiko kematian ibu dan bayi: sekitar 50.000 remaja perempuan berusia 15-19 tahun meninggal tiap tahun pada masa kehamilan atau proses persalinan. Studi juga menyatakan bahwa bayi yang lahir dari ibu di bawah usia 18 tahun, berisiko 60% lebih besar meninggal sebelum berumur 1 tahun.

Risiko Penularan Penyakit Menular Seksual Akibat Seks Tidak Aman

Sebagian besar remaja mengaku pernah mendengar tentang penyakit menular seksual, namun umumnya pengetahuan mereka hanya terbatas pada HIV/AIDS. Padahal, ada banyak jenis penyakit menular seksual lainnya yang sangat berisiko tinggi di kalangan anak muda.

Oleh karena itu, sebaiknya semua orang mempelajari edukasi seksual yang menyeluruh agar terhindar dari berbagai risiko ini. Jangan sampai kamu menyesal belakangan karena melakukan aktivitas seksual tidak aman.

Yuk, jadi pelopor diskusi sehat tentang seksualitas! Karena, edukasi seksual itu #enaknyadiobrolin. Mulailah berbicara dengan orangtuamu, teman-temanmu, atau orang-orang terdekat yang kamu sayangi. Pelajari berbagai topik seputar Kesehatan Seksual Reproduksi lainnya yang tersedia di EDUKA5EKS untuk semakin memperkaya pengetahuanmu dan orang-orang di sekitarmu!