Breadcrumbs

Keliru! Berbagai Mitos Mimpi Basah yang Dipercayai Oleh Remaja dan Faktanya

Tidak hanya untuk perempuan, ada banyak perubahan yang terjadi pada laki-laki saat melalui pubertas. Jika kamu saat ini sedang mengalami pubertas atau telah melaluinya, maka kamu mungkin pernah mengalami hal ini: mimpi basah. Apa sih mimpi basah itu? Jangan khawatir, rangkaian artikel Eduka5eks akan membantu kamu memahami segala hal terkait pubertas, edukasi seks dan kesehatan reproduksi. Yuk, mulai belajar lebih banyak mengenai tubuhmu!

Apa Sih Sebenarnya Mimpi Basah Itu?

Mimpi basah terjadi ketika kamu berejakulasi saat tidur. Ejakulasi adalah proses pengeluaran air mani (cairan yang mengandung sperma) dari penis. Hal ini terjadi karena saat kamu mengalami pubertas, tubuhmu akan mulai memproduksi hormon testosteron. Hormon ini menghasilkan sperma di testis, yang merupakan sel reproduksi laki-laki. Sperma dapat memfertilisasi sel telur dan menghasilkan kehamilan.

Mimpi basah merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan air mani yang telah menumpuk di dalam tubuh. Biasanya saat mimpi basah terjadi, kamu mungkin akan mengalami mimpi yang berbau seksual. Seberapa sering mimpi basah terjadi akan bervariasi untuk setiap laki-laki, beberapa orang mungkin tidak mengalami mimpi basah sama sekali. Hal ini mungkin saja terjadi jika air mani telah dikeluarkan melalui cara lain, seperti masturbasi atau berhubungan seks.

Mitos Mimpi Basah yang Kerap Bikin Remaja Salah Kaprah

Ada banyak mitos tentang mimpi basah yang beredar, terutama di kalangan remaja. Berikut beberapa mitos keliru soal mimpi basah dan fakta sebenarnya:

1. Mimpi basah merupakan gejala kelainan seksual

Pubertas menyebabkan tubuh laki-laki memproduksi kadar testosteron yang lebih tinggi, dan gejolak hormon ini akan mengakibatkan cairan air mani menumpuk di dalam tubuh. Air mani hanya dapat dikeluarkan melalui ejakulasi, oleh karena itu mimpi basah merupakan proses hormonal tubuh yang normal dan bukanlah kelainan seksual.

2. Mimpi basah hanya terjadi saat puber saja

Laki-laki dari segala usia dapat mengalami mimpi basah kapan pun, meskipun frekuensinya mungkin berkurang ketika mereka melakukan masturbasi hingga ejakulasi atau aktif secara seksual.

3. Mimpi basah dapat membuat laki-laki mandul

Beberapa orang meyakini bahwa mimpi basah dapat mengakibatkan jumlah sperma berkurang. Namun testis terus memproduksi sperma setiap saat, sehingga kamu tidak akan mengalami kemandulan. Mimpi basah membantu mengurangi kelebihan sperma di testis, dan proses ini justru menyehatkan sistem reproduksi pria.

Cara Mengatasi Mimpi Basah

Mimpi basah merupakan aktivitas tubuh yang bersifat alami dan tidak dapat dikontrol. Jika kamu baru pertama kali mengalami hal ini, tidak perlu kaget dan jangan malu, hal ini normal dan semua laki-laki pernah mengalami hal yang sama.

Ada banyak sekali hal-hal baru dan perkembangan tubuh yang terjadi saat kamu memasuki usia pubertas, contohnya pengalaman pertama mimpi basah. Biar tidak bingung, cobalah berdiskusi secara terbuka dan bertanya kepada orang dewasa terdekat seperti orangtuamu. Mereka dapat membantumu memahami perubahan yang terjadi saat kamu beranjak memasuki usia dewasa dan bagaimana menghadapinya dengan bijaksana.