Breadcrumbs

Kondom Bergerigi, Benarkah Tambah Kepuasan Seks?

Oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari Tim Redaksi Klikdokter

 

Selain bikin tahan lama, penggunaan kondom bergerigi katanya mampu menambah kepuasan dalam berhubungan seks. Benarkah begitu?

Kondom adalah jenis alat kontrasepsi pria yang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Seiring perkembangan zaman, kondom juga semakin berevolusi menjadi beragam bentuk. Salah satu yang mungkin sudah tak asing bagi Anda adalah kondom bergerigi.

Kondom yang dikelilingi oleh duri-duri lunak berukuran kecil itu sering dianggap mampu meningkatkan kepuasan dalam berhubungan seksual. Ini karena kondom bergerigi dituding bisa menghasilkan gesekan yang lebih intens, sehingga rangsangan yang dihasilkan juga lebih besar.

Namun, jika ditinjau dari segi medis, apakah benar jika dikatakan bahwa kondom bergerigi mampu memberikan kepuasan seks berlebih?

 

Kondom bergerigi dan kepuasan seks

Kondom bergerigi (ribbed condom) memang terbukti mampu meningkatkan kepuasan seks pasangan suami istri.

Pada pria, kondom bergerigi dapat memberikan kepuasan berkat duri-duri lunak berukuran kecil yang ada di sisi-sisinya. Dengan adanya duri-duri tersebut, pria akan merasakan sensasi getar pada penis, di mana hal ini mampu meningkatkan gairah dalam berhubungan seks.

Sedangkan pada wanita, kondom bergerigi memang mampu memberikan gesekan berlebih pada dinding vagina berkat duri-duri lunak berukuran kecil yang mengelilinginya. Dengan adanya hal tersebut, wanita akan lebih bergairah sehingga mampu mencapai kepuasan yang mungkin belum pernah dirasakan sebelumnya.

Alternatif lain untuk kepuasan seks

Penggunaan kondom bergerigi bukanlah satu-satunya cara untuk meraih kepuasan seks. Anda juga bisa merasakan sensasi tersebut dengan menggunakan kondom jenis lain yang mengandung pelumas berbahan khusus, yaitu benzocaine. Kondom jenis ini dapat membantu pria menunda ejakulasi, sehingga lebih mungkin merasakan pengalaman bercinta yang lebih lama. Alhasil, kepuasan seks juga lebih mungkin didapatkan.

Supaya benar-benar mampu menunjang keintiman dalam berhubungan seksual, pastikan kondom yang Anda pilih memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berbahan lateks

Bagi pria dengan kondisi kulit normal, kondom yang baik adalah yang terbuat dari bahan lateks alami. Sebelum membeli kondom ini, Anda dapat memastikan jenis bahan dasar yang digunakan dengan membaca label kemasan produk terkait.

  • Memiliki bentuk yang sesuai

Pastikan kondom yang Anda beli memiliki kemampuan untuk mengikuti bentuk organ intim pria. Selain nyaman digunakan, kondom yang seperti ini juga tidak akan kehilangan fungsi utamanya sebagai alat kontrasepsi.

  • Teruji klinis

Kondom dinyatakan aman untuk digunakan apabila sudah melewati uji klinis yang panjang. Kondom yang seperti ini memiliki fungsi lain di samping sebagai alat kontrasepsi, yaitu mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit infeksi menular seksual seperti gonore, herpes kelamin dan lainnya.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mendapatkan kepuasan seks yang belum pernah dirasakan sebelumnya? Jangan lupa untuk melakukan foreplay sebelum mulai berhubungan seks agar kepuasan bisa didapatkan hingga batas maksimal.

(NB/ RH)