Breadcrumbs

Kondom Lateks VS Kondom Silikon, Mana yang Lebih Bagus?

Dari berbagai jenis alat kontrasepsi yang ada di pasaran saat ini, kondom masih menjadi salah satu pilihan kontrasepsi paling aman, tidak hanya untuk mencegah kehamilan namun juga memproteksi diri Anda dari berbagai penyakit menular seksual. Setiap orang memiliki selera masing-masing, dan untuk itu ada banyak ragam jenis dan bentuk kondom yang tersedia, beberapa di antaranya adalah kondom lateks dan kondom silikon.

 

Apa bedanya kondom lateks dan kondom silikon?

 

Kondom silikon dan fungsinya

Kondom silikon umumnya terbuat dari bahan silikon lentur yang lembut. Perbedaannya dengan kondom lateks adalah kondom silikon umumnya dapat digunakan berulang kali. Anda dapat membersihkannya dan menggunakannya pada aktivitas seks selanjutnya. Kondom ini juga biasanya memiliki tekstur permukaan yang bergerigi, berbintik, atau bahkan berduri. Dirancang sebagai alat bantu seks, kondom silikon termasuk dalam jenis sex toy untuk membantu stimulasi pada dinding vagina wanita.

 

Berbagai jenis kondom lateks

Durex menyediakan berbagai varian kondom lateks untuk segala kebutuhan seksual Anda. Mulai dari kondom tebal Durex Extra Safe yang memberikan proteksi maksimal, hingga kondom super tipis Durex Invisible yang akan membuat sesi seks Anda semakin panas dan membara. Selain itu, Durex juga menyediakan ragam varian yang unik seperti Durex Tingle dengan aroma mint yang segar dan dingin, serta Durex Performa dengan pelumas khusus untuk membuat seks lebih tahan lama.

 

Perbedaan Kondom Lateks dan Kondom Silikon

Kondom lateks yang diproduksi oleh Durex dirancang untuk penggunaan sekali pakai. Selain itu, setiap kondom dikemas satuan dengan kedap agar tetap steril dan bersih saat akan digunakan. Keuntungannya adalah setiap kondom lateks yang Anda kenakan bersih sehingga mencegah timbulnya iritasi atau infeksi. Beberapa varian kondom Durex juga hadir dengan tekstur khusus, seperti Durex Ribbed yang bergerigi, atau Durex Pleasuremax yang memiliki tekstur gerigi dan bintik. Tekstur halus pada permukaan kedua kondom ini diletakkan tepat pada posisi strategis untuk merangsang area sensitif pada organ intim wanita.

Meskipun kondom silikon dapat dipakai berulang kali, namun sangat sulit untuk membersihkannya dengan maksimal. Anda akan beresiko mengalami iritasi atau infeksi akibat kondom yang kotor. Selain itu, kondom silikon memiliki tekstur yang kasar dan sangat menonjol, sehingga dapat membuat wanita merasa tidak nyaman. Kondom ini juga biasanya memiliki lapisan yang lebih tebal, sehingga mengurangi sensitivitas pada organ intim pria.

Perbedaan utama antara kondom lateks dan kondom silikon adalah pelumas. Rangkaian produk kondom Durex mengandung pelumas yang akan membantu hubungan seks lebih nyaman. Sedangkan kondom silikon tidak memiliki pelumas, sehingga Anda mungkin perlu menambahkan pelumas pada kondom silikon sebelum dikenakan.

Saat ini belum ada studi yang menyatakan kondom silikon efektif untuk mencegah kehamilan atau penularan penyakit seksual. Untuk proteksi menyeluruh yang maksimal, kondom lateks masih menjadi solusi yang terbaik. Sebagai merek kondom nomor 1 di dunia, Durex telah memiliki pengalaman dan jaminan kualitas dalam kontrasepsi yang efektif untuk cegah kehamilan sekaligus penularan penyakit seksual. Untuk melindungi diri Anda dan pasangan, pastikan Anda tidak asal memilih kondom.