Breadcrumbs

Masa Tidak Subur Wanita untuk Mencegah Kehamilan

Bagi kamu yang tidak menginginkan kehamilan namun tetap ingin menikmati hubungan intim bersama pasangan, ada cara alami untuk dapat menikmati seks bersama pasangan kamu tanpa perlu memakai alat kontrasepsi seperti IUD atau pil KB. Jenis kontrasepsi alami yang dimaksud adalah sistem KB kalender, dimana kamu hanya perlu mengandalkan perhitungan masa subur wanita yang ditandai dengan menstruasi.

Bagaimana cara mengandalkan masa tidak subur wanita untuk mencegah kehamilan?

Menghindari seks di masa subur

Poin utama dalam sistem KB kalender adalah mencegah kehamilan terjadi dengan menghindari seks di masa subur wanita, dan melakukannya justru di saat pasangan kamu sedang dalam masa tidak subur. Masa subur sendiri bisa diartikan sebagai masa di mana sel telur (ovum) siap untuk dibuahi, sehingga pada masa itu kemungkinan pasangan kamu untuk hamil lebih besar dari waktu lainnya.

Untuk mengetahui masa subur dan masa tidak subur pasangan, sebelumnya kamu harus melacak riwayat menstruasi terakhir menggunakan kalender. Setelah tahu kapan waktu menstruasi, selanjutnya kamu perlu memahami fase siklus menstruasi. Siklus menstruasi wanita terbagi dalam tiga fase. Fase pertama disebut infertilitas, dihitung sejak hari pertama menstruasi. Fase kedua adalah ovulasi, di mana pada saat ini sel telur dihasilkan dan merupakan masa subur wanita. Yang terakhir disebut dengan fase infertilitas pasca-ovulasi yang merupakan tahap masa tidak subur wanita.

Nah, kalau siklus menstruasi pasangan kamu teratur, dengan waktu kisaran siklus 26-32 hari (dihitung  sejak hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya), maka perhitungan masa tidak subur yang bisa kamu gunakan untuk berhubungan seks tanpa takut risiko hamil jatuh di hari ke-21. Pada saat itu peluang pasangan untuk hamil meski berhubungan tanpa alat kontrasepsi menjadi lebih kecil mengingat tubuh sedang dalam fase infertilitas.

Meski alami dan tidak menimbulkan risiko efek samping, mengandalkan masa tidak subur wanita untuk mencegah kehamilan ini dinilai kurang efektif terutama jika kamu memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Kamu perlu mencatat setidaknya enam hingga 12 bulan siklus menstruasi untuk mengetahui secara akurat perhitungan masa tidak subur.

Gunakan kondom berkualitas

Jika kamu masih belum yakin dengan perhitungan siklus masa subur namun tetap ingin berhubungan, kamu bisa memilih kondom dengan jenis terbaik. Selain mencegah kehamilan, penggunaan kondom yang tepat juga dapat mencegah penularan penyakit menular seksual akibat virus dan bakteri. Pilihlah kondom yang berkualitas, tidak mudah bocor atau rusak seperti kondom Durex. Durex terbuat dari bahan latex alami yang sudah teruji sehingga kamu dan pasangan tidak perlu cemas saat berhubungan.