Breadcrumbs

Mengejutkan! Fakta Kehidupan Seksual Anak Muda Indonesia Ini Mengungkap Edukasi Seks yang Keliru

A: “Kalau cewe sudah mens itu apa artinya sudah ga perawan?”

B: “Bisa jadi, keluar darah kan soalnya.”

 

A: “Temanku bilang, kalau melakukan seks anal lebih aman, ga bakalan hamil dan keperawanan tetap ada.”

B: “Wah, boleh juga tuh, coba aahh!”

 

Ngobrolin Seks, Masihkah Dianggap Tabu?

Di Indonesia, edukasi seksual memang masih menjadi topik yang tabu dan memalukan untuk dibahas. Alhasil, edukasi seputar kesehatan seksual dan reproduksi (KSR) bisa dibilang sangat minim. Padahal, edukasi KSR sangat penting bagi semua orang, terutama kamu-kamu yang saat ini sedang mengalami pubertas. Apa sih yang sebenarnya terjadi dalam masa pubertas, dan kenapa kamu harus peduli tentang KSR? Yuk, pelajari bareng-bareng informasi selengkapnya seputar kesehatan seksual dan reproduksi di sini!

Udah Salah, Masih Ngotot Dilakukan

Banyak sekali informasi seputar KSR yang tidak benar beredar di kalangan umum akibat sumber yang simpang siur. Ini menyebabkan banyak remaja mengalami kesalahan informasi dan percaya berbagai mitos seputar seks. Yang lebih parah lagi, para remaja nekat melakukan aktivitas seksual tidak aman akibat rasa penasaran dan ingin tahunya.

Survey yang dilakukan Durex Indonesia di tahun 2019 tentang KSR terhadap anak muda mengkonfirmasi fakta di atas. Contohnya, sebanyak 54% anak muda percaya bahwa melakukan penetrasi dalam posisi berdiri dapat mencegah kehamilan. Dan 53% anak muda memilih ejakulasi di luar vagina sebagai solusi kontrasepsi.

Fakta Kehidupan Seksual Anak Muda Indonesia

Hasil survey juga mengungkap fakta yang mencengangkan tentang aktivitas seksual anak muda Indonesia. Sebanyak 33% mengaku pernah melakukan hubungan seksual hingga penetrasi sebelum menikah, dan 58% di antaranya masih berusia sangat muda, yaitu 18-20 tahun.

Meskipun fakta telah menunjukkan bahwa anak muda Indonesia aktif secara seksual, hal ini tidak didampingi dengan edukasi kesehatan seksual dan reproduksi yang memadai. Akibatnya, banyak anak muda yang salah kaprah tentang informasi seputar seks. Contohnya, dari survey yang sama, sekitar 50% anak muda menyatakan tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali saat berhubungan seks. Padahal, alat kontrasepsi sangat penting untuk mencegah penularan penyakit seksual.

Sebagian besar anak muda hanya mengkhawatirkan tentang kehamilan akibat seks, namun mitos-mitos yang beredar di kalangan anak muda justru dapat menjerumuskan. Salah satunya: 57% anak muda Indonesia percaya bahwa melakukan masturbasi sebelum penetrasi dapat mencegah kehamilan. Semua kesalahan informasi ini akan menimbulkan risiko dan konsekuensi yang dapat mempengaruhi masa depanmu.

Banyak anak muda yang masih malu-malu untuk bertanya atau mencari tahu tentang informasi seksual. Oleh karena itu, Durex meluncurkan Eduka5eks, yang akan membantu semua orang untuk mempelajari dan berdiskusi sehat seputar kesehatan seksual dan reproduksi. Ikuti rangkaian artikel Eduka5eks di sini untuk mengetahui berbagai hal seputar seks yang penting kamu ketahui.