Breadcrumbs

Morning Pills: Pil Kontrasepsi Darurat

Hal Yang Harus Diketahui tentang Morning Pills

 

Pagi hari biasanya menjadi waktu yang tepat untuk mengkonsumsi pil kontrasepsi darurat, setelah kamu lupa saat berhubungan seks dengan pasangan menggunakan kondom atau kamu lupa minum pil KB. Ini dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang pil kontrasepsi darurat atau morning pills:

Bukan Pil Aborsi

Minum morning pills di pagi hari menunda ovulasi (proses di mana sel telur dilepaskan dari ovarium untuk dibuahi oleh sperma). Itu tidak memungkinkan telur yang sudah dibuahi dikeluarkan dari dinding rahim. Berbeda dengan pil aborsi, pil kontrasepsi darurat memiliki tingkat hormon yang sama dengan pil KB. Apapun pil kontrasepsi yang kamu pilih untuk di minum, semakin awal kamu meminumnya, semakin baik tingkat efektivitasnya.

Tidak Butuh Resep

Sekarang, kamu dapat memiliki pil kontrasepsi darurat Plan B One-Step, ini dapat dibeli dengan mudah dan tanpa resep. Beberapa apotik menawarkan pil kontrasepsi darurat gratis, sementara kamu dapat membeli pil ini dengan bebas tanpa resep. Alternatif lain adalah periksa ke dokter umum atau klinik keluarga berencana terdekat kamu.

Tidak Melindungi Dari Seks Tidak Sehat

Jika kamu minum morning pills setelah berhubungan seks tanpa kondom, itu tidak membuat kamu terlindungi dari hamil. Namun, untuk metode KB sepertinya lebih bisa diandalkan. Seperti kondom, kondom jadi cara yang tepat untuk melindungi kamu dari hamil yang tidak direncanakan.