Breadcrumbs

Pengertian Alat Kontrasepsi

Apa itu alat kontrasepsi? Bagaimanakah metode kontrasepsi efektif itu?

 

Alat kontrasepsi adalah suatu cara atau metode yang bertujuan untuk mencegah pembuahan sehingga tidak terjadi kehamilan. Negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki jumlah penduduk besar mendukung program alat kontrasepsi untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk dan untuk meningkatkan kesejahteraaan keluarga.

Pemilihan alat kontrasepsi yang tepat dapat membantu wanita untuk mencegah kehamilan. Kebanyakan metode kontrasepsi efektif, jika digunakan dengan tepat. Jenis alat kontrasepsi ada dua. Pertama, alat kontrasepsi tanpa alat bantu. Metode kontrasepsi efektif tanpa alat bantu disebut juga KB sistem kalender atau abstinesia. Cara KB dengan sistem kalender adalah mengatur kehamilan dengan tidak melakukan hubungan seks pada saat wanita dalam masa subur. Jenis alat kontrasepsi yang kedua adalah kontrasepsi dengan alat bantu. Dengan alat bantu kontrasepsi memungkinkan sperma dan sel telur tidak dapat bertemu.

Saat ini, mencegah kehamilan tanpa kb bisa dilakukan dengan kondom. Banyak sekali varian kondom yang bisa disesuaikan dengan kamu dan pasangan. Salah satunya adalah Kondom Durex Close Fit. Kamu dan pasangan bisa berhubungan lebih intens dengan alat kontrasepsi ini.