Breadcrumbs

Seksualitas Pada Remaja dan 5 Hal Tentang Seks yang Wajib Kamu Tahu

Memasuki usia remaja, membekali diri dengan pendidikan seks yang memadai sangatlah penting. Namun banyak orang masih menganggap seksualitas pada remaja merupakan hal yang tabu, dan hal ini berdampak pada minimnya pendidikan seks di Indonesia.

Padahal, pengetahuan tentang seks sangat penting lho, agar kamu bisa menghindari hal-hal negatif akibat salah kaprah tentang seks. Saking minimnya informasi seputar seks, banyak remaja yang kemudian beralih mencari tahu dari internet, buku, atau berdiskusi dengan teman-teman sebayanya. Celakanya, banyaknya informasi keliru seputar seksualitas pada remaja justru semakin membahayakan.

Nah, biar ga salah kaprah, kamu wajib mempelajari dulu beberapa hal tentang seks di bawah ini yang pasti tidak pernah diajarkan di sekolah!

Seksualitas pada Remaja: Mitos Seks yang Perlu Dibasmi dan Fakta Seks Sebenarnya

1. Apakah Pendidikan Seks Membuat Remaja Beresiko Melakukan Seks Bebas?

Ini adalah salah satu pemikiran yang keliru seputar pendidikan seks dan seksualitas pada remaja. Justru dengan membekali dirimu dengan pengetahuan tentang seks, kamu akan lebih paham dan sadar akan bahaya aktivitas seksual yang tidak sehat.

2. Benarkah Sperma Masih Bisa Menembus Kondom dan Menyebabkan Kehamilan?

Hal ini hanyalah mitos! Dengan pemasangan kondom yang tepat dan benar, kondom sangat efektif untuk cegah kehamilan. Kondom berfungsi dengan cara menahan sperma sehingga tidak memasuki vagina saat penetrasi dilakukan.

Nah biar lebih yakin lagi, jangan salah pilih kondom, gunakan hanya kondom berkualitas tinggi seperti rangkaian kondom Durex. Setiap kondom yang diproduksi Durex telah melalui uji coba klinis dan kontrol yang ketat untuk memastikan kondom berfungsi dengan sempurna.

3. Alat Kontrasepsi Tidak Efektif Untuk Mencegah Penularan Penyakit Seksual Seperti HIV

Justru dengan penggunaan alat kontrasepsi yang tepat, kamu bisa menangkal resiko penyakit menular seksual. Ada banyak alat kontrasepsi yang tersedia, namun satu-satunya kontrasepsi yang efektif mencegah penularan penyakit seksual adalah kondom.

Tapi penting juga untuk mengetahui cara penggunaan kondom yang benar. Pemakaian kondom yang tidak tepat dapat berakibat berkurangnya efektivitas kondom, atau bahkan membuatanya gagal berfungsi! Belum tahu cara memakai kondom yang benar? Simak artikel tentang cara menggunakan kondom yang benar di sini. 

4. Kehamilan Tidak Akan Terjadi Bila Pria Ejakulasi di Luar

Jangan percaya hal ini! Meskipun ejakulasi dilakukan di luar vagina, selama ada penetrasi, resiko kehamilan tetap dapat terjadi. Untuk keamanan maksimal, sebaiknya gunakan kondom, dan pasanglah kondom sebelum melakukan penetrasi. Tidak hanya kehamilan, bercinta tanpa menggunakan kondom juga beresiko tertular penyakit seksual.

5. Penyakit Seksual Tidak Akan Menular Melalui Oral Seks

Meskipun tidak ada penetrasi pada vagina, melakukan seks oral tanpa pengaman masih membuatmu beresiko tertular penyakit seksual dan menimbulkan resiko kanker mulut dan kanker tenggorokan. Oleh karena itu, pastikan kondom tetap digunakan pada saat melakukan seks oral.