Breadcrumbs

Sex Education Cara Menggunakan Kondom yang Tepat Agar Terhindar Dari Penyakit Kelamin

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan semua orang untuk mendapatkan informasi seputar seks dari mana saja. Mulai dari internet, majalah, televisi, sampai teman-teman di sekolah, semua hal terkait aktivitas seksual bisa kamu temukan. Bagi sebagian remaja yang sedang pubertas, dorongan hormon dapat menumbuhkan rasa penasaran tentang seks. Tak jarang rasa penasaran ini berujung ke coba-coba.

Eits, tapi jangan asal coba-coba! Untuk menghindari risiko seperti kehamilan yang tidak diinginkan, kamu wajib tahu tentang alat kontrasepsi kondom yang digunakan saat berhubungan seks. Fungsinya tidak hanya untuk mencegah kehamilan, namun juga melindungi dirimu dari penularan berbagai penyakit kelamin mengerikan seperti gonorrhea dan syphilis.

Namun sudahkah kamu memahami cara menggunakan kondom yang benar? Hati-hati, salah menggunakan kondom dapat berakibat kondom gagal berfungsi sama sekali. Mempelajari cara menggunakan kondom yang benar dan cara memasang kondom akan membantu meningkatkan efektivitas penggunaan kondom.

Ketahuilah langkah-langkah cara menggunakan kondom yang tepat

1. Pilihlah Ukuran yang Sesuai

Kondom laki-laki adalah alat kontrasepsi yang paling mudah ditemukan. Kamu dapat membelinya di mana saja, mulai dari swalayan, apotik, hingga mini mart terdekat. Namun ada banyak jenis kondom yang beredar di pasaran saat ini. Salah satu kunci untuk cara menggunakan kondom yang tepat adalah memilih kondom yang sesuai dengan ukuran penismu, jangan sampai kelonggaran atau terlalu ketat.

2. Cek Kemasan Kondom

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan memakai kondom adalah mengecek kemasan kondom. Pastikan kondom belum kadaluwarsa dan kemasan masih tersegel rapat. Cara termudah adalah dengan menekan lembut kemasan kondom untuk memastikan adanya kantung udara di dalam bungkus kondom. Jika kemasan rusak, bocor, atau batas tanggal pemakaian sudah lewat, kondom tersebut sudah tidak layak pakai. Buanglah kondom tersebut dan gunakan kondom baru.

3. Buka Kemasan Dengan Hati-hati

Jangan gunakan gigi, gunting, atau benda tajam lainnya yang dapat merusak kondom. Sobek kemasan kondom dari bagian ujung secara perlahan-lahan. Cara memasang kondom adalah dengan memegang kondom secara lembut dan jagalah agar kuku tidak merusak kondom.

4. Pastikan Posisi Kondom Tidak Terbalik

Saat memakai kondom, perhatikan posisinya. Bukalah sedikit gulungan kondom untuk memastikan kondom tidak terbalik. Sebagai panduan, posisi kondom yang benar adalah ketika gulungan menghadap ke sisi luar penis.

5. Cara Memasang Kondom Dengan Benar

Cara menggunakan kondom yang tepat adalah dengan mencubit ujungnya menggunakan jari telunjuk dan jempol saat meletakkannya di atas penis. Gunakan tangan lainnya untuk membuka gulungan kondom di sepanjang penis hingga mencapai pangkal penis. Pastikan penis dalam kondisi ereksi ketika hendak memasang kondom.

Selamat, kamu sudah berhasil mempelajari cara memasang kondom dengan benar. Cek secara berkala posisi kondom selama kamu berhubungan intim. Jika kondom melorot, segera pasang kembali kondom dengan benar sebelum melanjutkan aktivitas seksualmu.

Kamu dapat melepas kondom segera setelah selesai ejakulasi. Bukalah kondom dengan cara mendorong ujung kondom dari pangkal penis perlahan-lahan. Berhati-hatilah agar cairan mani yang ada di dalam kondom tidak tumpah atau berceceran keluar. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah membungkus kondom dengan tisu dan membuangnya di tempat sampah. Jangan membuang kondom di toilet, karena dapat menyebabkan pipa toilet mampet.