Breadcrumbs

Sex Education: Memulai Diskusi Sehat tentang Seksualitas

Kalau ngobrolin sex education, apa yang ada di pikiran kamu? Eits, jangan langsung berpikiran mesum, diskusi sehat tentang seksualitas tidak hanya melulu tentang free sex atau seks bebas. Justru dengan pemahaman seks yang komprehensif, anak muda dapat mengambil keputusan yang bijaksana dan bertanggung jawab saat berhadapan dengan situasi-situasi seksual yang terjadi sehari-hari.

Pentingnya Sex Education Untuk Mencegah Free Sex Pada Remaja

Bagi para remaja seperti kamu, sex education sangat penting karena pada masa ini, kamu sedang melalui masa pubertas. Saat pubertas terjadi, tubuhmu mengalami gejolak hormon yang dapat memengaruhi pikiran serta rasa penasaran yang menggebu-gebu. Kamu mungkin mulai naksir teman sekelas, atau mulai coba-coba pacaran.

Tak jarang juga, dorongan dari lingkungan sekitar membuat para remaja merasa FOMO (Fear of Missing Out), yang dapat diterjemahkan sebagai kondisi di mana seseorang takut dianggap tidak gaul atau ketinggalan keseruan yang dirasakan oleh teman-temannya. Dorongan semacam ini dapat menjerumuskan kamu ke dalam aktivitas yang tidak sehat, termasuk perilaku seksual yang tidak aman seperti seks bebas.

Mengapa Diskusi Sehat Tentang Seksualitas Sangat Penting?

Di Indonesia, diskusi seputar seksualitas memang masih menjadi topik yang kontroversial, padahal informasi seks yang tepat dapat membantu remaja untuk menghindari perilaku seks tidak aman. Pengetahuan tentang kesehatan seksual dan reproduksi akan membantu mereka untuk menimbang risiko dan konsekuensi dengan lebih matang.

Salah satunya dengan mengetahui berbagai risiko penyakit menular seksual yang dapat terjadi dalam free sex atau seks bebas. Jangan anggap sepele, beberapa jenis penyakit menular seksual seperti HIV dan sipilis dapat memengaruhi kondisi kesehatan dalam jangka panjang, atau bahkan seumur hidupmu!

Kepada Siapa Saya Sebaiknya Bertanya Tentang Seks?

Ingin tahu lebih banyak tentang seksualitas? Kamu bisa memulai diskusi sehat tentang hal ini dengan orang-orang yang kamu percayai, seperti orangtua, guru, atau dokter. Pahamilah berbagai perubahan yang terjadi dalam tubuhmu selama pubertas terjadi, dan bagaimana menghadapi berbagai situasi seksual yang mungkin dialami sehari-hari.

Kamu juga bisa memulai berdiskusi tentang seksualitas dengan teman-teman sebaya, namun pastikan bahwa informasi yang kamu terima atau berikan memang informasi yang tepat. Jika kamu tidak yakin akan suatu informasi, maka tanyakanlah kepada orangtua, guru, atau dokter yang lebih berpengalaman.

Bagaimana Menjadi Pribadi yang Menghargai dan Dapat Bertanggung Jawab

Salah satu tujuan utama edukasi seksual adalah membantu semua orang untuk memahami perkembangan fisik serta emosional yang dialami oleh diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu saat masa puber terjadi. Dengan pemahaman yang komprehensif tentang perubahan dan perbedaan yang mungkin terjadi saat pubertas, kamu dapat bersikap lebih bijaksana dan saling menghargai satu sama lain.

Yuk, jadi pelopor diskusi sehat tentang seksualitas! Karena, edukasi seksual itu #enaknyadiobrolin. Mulailah berbicara dengan orangtuamu, teman-temanmu, atau orang-orang terdekat yang kamu sayangi. Pelajari berbagai topik seputar Kesehatan Seksual Reproduksi lainnya yang tersedia di EDUKA5EKS untuk semakin memperkaya pengetahuanmu dan orang-orang di sekitarmu!