Breadcrumbs

Tips Memilih Salep Herpes yang Tepat

Oleh: dr. Theresia Rina Yunita dari Tim Redaksi Klikdokter

 

Herpes bisa diatasi dengan menggunakan salep berbahan khusus. Ini tips memilih salep herpes yang tepat agar efeknya maksimal.

Herpes genital adalah suatu penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini dapat dengan mudah menular, baik melalui hubungan seksual tanpa menggunakan kondom atau sering berganti-ganti pasangan seksual.

Perlu Anda ketahui, virus herpes simpleks (HSV) terbagi menjadi dua tipe, yaitu:

  • HSV tipe 1

Berlokasi di mulut, dan ditandai dengan adanya luka atau lecet yang kadang menyerupai sariawan. HSV tipe 1 umumnya menular melalui kontak kulit, meski tak menutup kemungkinan untuk menyebar ke daerah genital saat melakukan seks oral.

  • HSV tipe 2

Ini adalah tipe virus yang umumnya menyebabkan herpes genital. Virus ini dapat menular melalui kontak seksual maupun kontak kulit. HSV tipe 2 cukup umum ditemui dan sangat menular.

Jika sudah terinfeksi, virus herpes akan menjadi dorman di dalam tubuh. Artinya, virus tersebut akan menetap sehingga dapat muncul kembali meski sudah dinyatakan sembuh.

Gejala herpes genital

Gejala herpes genital umumnya ringan sehingga tidak dikeluhkan oleh sebagian besar penderita. Gejala umumnya muncul setelah 2–12 hari terpapar virus HSV. Beberapa gejala herpes genital, di antaranya:

  • Rasa gatal atau nyeri di sekitar area genital
  • Bintik merah kecil atau lecet berwarna putih yang dapat timbul beberapa hari hingga minggu setelah terinfeksi HSV
  • Luka pada genital yang dapat menyebabkan kesulitan untuk berkemih
  • Keropeng yang disebabkan oleh krusta dari kulit ketika luka memasuki fase penyembuhan
  • Gejala menyerupai flu, seperti sakit kepala, demam, badan terasa pegal dan ngilu

Pengobatan herpes genital

Penanganan herpes genital meliputi pemberian obat antivirus oral untuk menekan aktivitas virus di dalam tubuh. Beberapa jenis antivirus yang dapat diresepkan oleh dokter, termasuk asiklovir, famsiklovir atau valasiklovir.

Selain obat oral, pemberian salep herpes yang mengandung antivirus juga diperlukan untuk membantu mengurangi kemerahaan dan luka pada herpes. Beberapa ciri salep herpes yang baik dan efektif adalah:

  • Salep herpes diresepkan langsung oleh dokter spesialis kulit dan kelamin
  • Salep herpes memiliki kandungan antivirus
  • Salep herpes masih jauh dari jangkauan tanggal kedaluwarsa

Selain salep herpes, dokter juga mungkin akan menambahkan salep lain seperti yang mengandung steroid ataupun antibiotik untuk mengatasi kemerahan dan infeksi sekunder.

Mencegah herpes genital

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Agar Anda tidak mengalami herpes genital, gunakanlah kondom saat melakukan hubungan seksual. Pastikan kondom yang Anda gunakan terbuat dari lateks alami, berbahan lebih tebal supaya memberikan perlindungan maksimal, dan memiliki fitur easy-on-shape atau dapat mengikuti bentuk organ intim agar tetap nyaman saat digunakan

Selain itu, hindari pula segala obat-obatan terlarang dan jauhkan diri dari berganti-ganti pasangan seksual atau perilaku seks bebas. Setialah pada satu pasangan dan gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual jika dirasa perlu. Dengan ini semua, penggunaan salep herpes atau pengobatan serupa lainnya tidak diperlukan, karena risiko Anda terkena herpes genital akan menjadi sangat rendah.

 

(NB/ RH)