Breadcrumbs

Waspadai Penyakit Kelamin Sipilis dan Gejalanya

Kalau lagi ngobrolin penyakit menular seksual, apa yang ada di pikiran kamu? Bagi sebagian besar orang-orang di Indonesia, pengetahuan tentang jenis penyakit menular seksual yang ada sangatlah minim. Sebagian besar orang dapat menyebutkan HIV/AIDS sebagai penyakit menular seksual, namun tahukah kamu bahwa ada banyak sekali jenis penyakit kelamin berbahaya lainnya yang berisiko tinggi?

Mengenal Penyakit Kelamin dan Gejala Sipilis, Hingga Cara Pencegahannya

Apa Itu Penyakit Kelamin Sipilis

Salah satu jenis penyakit kelamin yang cukup berbahaya adalah sipilis. Sipilis adalah penyakit kelamin yang dikenal juga dengan nama Raja Singa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dapat menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin, serta sistem syaraf.

Potensi penularan sipilis terjadi melalui kontak seksual dengan penderita sipilis, dan tidak hanya melalui penetrasi saja lho. Penyakit kelamin ini juga dapat menular melalui seks anal dan seks oral.

Gejala Sipilis yang Perlu Diwaspadai

Gejala sipilis terjadi dalam beberapa stadium:

  1. Stadium 1: Luka yang tidak terasa sakit di area di mana bakteri masuk ke tubuh.
  2. Stadium 2: Demam, sakit kepala, nyeri sendi, hilangnya nafsu makan, munculnya ruam, sakit tenggorokan, kelenjar limpa membengkak, serta kelelahan.
  3. Stadium 3: Kerusakan pada otak dan jantung, daya ingat menurun, mengalami kelumpuhan, masalah dengan keseimbangan tubuh.

Namun penting diketahui bahwa gejala-gejala di atas belum tentu muncul pada semua orang. Jika kamu mencurigai kamu terinfeksi sipilis atau penyakit menular seksual lainnya, segera periksakan dirimu untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Langkah-langkah Mencegah Penularan Sipilis

Untuk melindungi diri dari penularan penyakit kelamin sipilis, gunakanlah kondom setiap kali berhubungan seks, dan bersihkan organ intim setelah berhubungan seks. Selain itu, hindari seks bebas atau gonta-ganti pasangan agar kamu terlindungi dari bahaya sipilis.