Breadcrumbs

Seks dan COVID-19- Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah aman berhubungan intim selama wabah COVID-19?

Jika kamu dan pasangan tinggal bersama dan tidak menunjukkan gejala apa pun, wabah COVID-19 seharusnya tidak berdampak pada situasimu. Namun jika salah satu pasangan mulai menunjukkan gejala, meskipun ringan, sebaiknya jagalah jarak dan ikuti panduan pemerintah lokal yang relevan. Bagi orang-orang yang menunjukkan gejala atau berpikir mungkin terinfeksi, segera hubungi praktisi kesehatan setempat. Namun ingatlah, meskipun kamu atau pasangan tidak menunjukkan gejala apa pun, kalian bisa saja telah terjangkiti dan menularkan virus COVID-19. Silakan hubungi praktisi kesehatan setempat dan simak panduan pemerintah setempat untuk info atau pertanyaan lebih lanjut.

 

Dapatkan kondom melindungi saya dari COVID-19?

COVID-19 bukan penyakit menular seksual (STD). COVID-19 merupakan virus yang menyebar melalui percikan-percikan dari mulut atau hidung saat batuk, bersin, atau melalui ludah dan tetesan cairan hidung. Inilah mengapa kondom tidak akan memproteksimu dari tertular atau menyebarkan COVID-19.

Gunakan kondom untuk membantu menghindari penularan STD dan kehamilan yang tidak diinginkan. Agar perlindungan lebih maksimal, gunakan kondom secara tepat setiap kali kamu berhubungan intim.

 

Bolehkah saya bertemu pasangan baru?

Kamu bisa berkenalan dengan calon pasangan baru secara online, namun hindarilah bertemu fisik secara langsung. Ikuti panduan pemerintah setempat dengan menjaga jarang bahkan jika kalian tidak menunjukkan gejala apa pun. Tetaplah tinggal di rumah untuk mengurangi penyebaran virus. Ingatlah, sebagian orang dapat terinfeksi virus dan tidak menunjukkan gejala apa pun, dan tanpa sadar menyebarkan virus tersebut. Masa inkubasi virus (jangka waktu antara terjangkit virus dan munculnya gejala penyakit) diperkirakan berkisar antara 1-14 hari*.

*https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses

 

Bolehkah saya berhubungan intim dengan pasangan baru?

Untuk saat ini, seks tidak dapat dilakukan karena adanya peraturan jaga jarak dan pembatasan pertemuan publik. Namun tentunya kamu masih bisa berkenalan dengan orang-orang baru secara online, mengobrol melalui telepon, atau melakukan video chat. Ingatlah untuk tetap menjaga keamanan selama online. Semua aktivitas harus bersifat konsensual, di mana kamu dan pasangan sama-sama merasa nyaman dan tidak ada tekanan untuk melakukan sesuatu yang tidak diinginkan.

 

Bagaimana melakukan seks aman selama COVID-19?

Masturbasi merupakan aktivitas seksual yang paling aman untuk saat ini. Melalui masturbasi, kamu juga bisa menemukan cara-cara baru untuk memuaskan diri dan apa yang kamu sukai. Ingatlah untuk mencuci tangan atau sex toy dengan sabun dan air selama minimal 20 detik sebelum dan sesudah masturbasi. Untuk info selengkapnya tentang masturbasi, klik di sini. (link artikel ke FAQ Masturbasi)

 

Teman kencan saya baru-baru ini mulai menunjukkan gejala, apakah saya aman?

COVID-19 menyebar terutama melalui penapasan, sehingga berciuman atau berada dalam jarak dekat dapat membuat kamu berisiko tertular. Jika teman kencanmu mulai menunjukkan gejala, lakukan isolasi diri dan pantau gejalamu. Selain itu, hubungi teman kencan lainnya atau teman-teman yang sempat kamu temui baru-baru ini dan infokan perkembangan ini kepada mereka. Hubungi praktisi kesehatan setempat dan simak panduan pemerintah setempat untuk pertanyaan lebih lanjut.

 

Saya sedang single, apa yang bisa saya lakukan?

Kami sangat menyarankan untuk tidak bertemu orang baru secara langsung selama wabah COVID-19 dan menyarankan untuk mengikuti panduan pemerintah setempat yang relevan denganmu. Namun kamu tetap boleh menggunakan aplikasi kencan dan layanan lainnya. Berkencan secara virtual dapat menjadi pengalaman baru yang sangat menyenangkan untuk dieksplorasi. Untuk ide dan cara berkencan di rumah selama isolasi mandiri, simak artikel kami. (link artikel tips berkencan dari rumah)

Jangan lupa seks teraman saat ini adalah seks mandiri alias masturbasi. Masturbasi merupakan cara terbaik untuk mengeksplorasi tubuhmu dan menemukan apa yang kamu sukai secara seksual. Satu-satunya hal yang perlu kamu perhatikan jika menggunakan sex toy adalah untuk mencuci sex toy dan tanganmu dengan sabun selama minimal 20 detik sebelum dan sesudah penggunaan.

 

Penafian bahasa yang dapat ditambahkan di bagian atas atau bawah artikel ini

* Artikel ini tidak dimaksudkan untuk memberikan saran medis tetapi dimaksudkan untuk memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan umum berdasarkan apa yang saat ini diketahui tentang Covid-19. Komunitas medis terus memperbarui rekomendasinya sehubungan dengan Covid-19 dan karenanya, informasi ini dapat berubah. Seperti biasa, silakan periksa dengan penyedia layanan kesehatan setempat untuk setiap pertanyaan atau permasalahan lainnya.