Breadcrumbs

Semua yang Kamu Perlu Ketahui Tentang Masturbasi

Ada banyak pertanyaan seputar aktivitas masturbasi, simak panduan berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang masturbasi.

 

Di masa pandemik global sekarang ini, banyak hal dalam kehidupan sehari-hari turut terkena dampaknya. Mulai dari tidak bisa bertemu teman dan keluarga, hingga sulitnya mencari makanan saat semua toko tutup. Krisis COVID-19 mungkin membuat kamu merasa resah, inilah mengapa sangat penting untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap aktif. Selain yoga atau main sudoku, sebagian orang juga mencoba menyibukkan diri dengan “me-time” alias masturbasi. Eits tapi jangan salah, masturbasi bukan cuma tentang menyayangi diri sendiri, pelarian atau cara relaksasi, namun juga menjadi aktivitas seksual utama di masa social distancing saat ini. Banyak orang yang terpaksa menjalani LDR karena terpisah jarak akibat isolasi mandiri, dan bagi para lajang, aplikasi dating memang masih berjalan, namun berkencan di dunia nyata untuk saat ini tentunya belum bisa dilakukan.

Sangat wajar jika intensitas masturbasi meningkat di masa isolasi seperti sekarang ini, dan jika masih ada pertanyaan seputar masturbasi yang ingin kamu ketahui, berikut jawabannya.

 

Apakah masturbasi itu memalukan?

Mungkin kamu berpikiir menyentuh diri sendiri itu kotor, sangat memalukan dan rasanya ingin disembunyikan. Tentunya, rasa malu dan bersalah ini dapat mengganggu pikiranmu saat melakukan masturbasi, atau menimbulkan perasaan tidak nyaman sebelum dan sesudah melakukannya. Namun kamu tidak perlu merasa malu, masturbasi adalah hal yang alami dan memberikan manfaat bagi dirimu. Belajar mengenal dirimu lebih dekat juga dapat membantumu merasa lebih percaya diri secara seksual.

Bagaimana caranya supaya tidak merasa bersalah saat masturbasi?

Tidak ada cara yang mudah untuk mengatasi hal ini, namun berikut beberapa cara yang bisa kamu coba. Pertama, sangat penting untuk mengubah cara pandangmu terhadap masturbasi: ini adalah aktivitas perawatan diri yang esensial, baik untuk kesehatan dan merupakan pelampiasan yang baik untuk mengurangi stress. Ciptakan juga situasi yang positif untuk mendukung pikiranmu dengan ruangan yang aman dan rileks saat kamu akan melakukan aksi pribadimu, contohnya dengan menyalakan lilin atau lampu yang temaram. Saat kamu sedang berbincang dengan teman, cobalah untuk mengubah stigma negatif dengan berdiskusi tentang masturbasi.

Mengapa saya sulit ejakulasi saat masturbasi?

Tidak perlu merasa khawatir dan malu, hal ini terbilang normal dan ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi. Pertama-tama, sebagian orang sulit mencapai ejakulasi akibat faktor psikologis, mulai dari stress pekerjaan hingga masalah lainnya, seperti depresi. Yang kedua, bisa jadi ada faktor fisik yang memengaruhi masalah ejakulasi. Kondisi kesehatan seperti diabetes, konsumsi alkohol atau narkoba, hingga beberapa jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan ejakulasi sulit tercapai. Jika obat-obatan yang kamu konsumsi seperti contohnya SSRI yang digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi menyebabkan masalah ejakulasi atau jika kamu terus-terusan kesulitan mencapai orgasme, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk alternatif perawatan lainnya. 

Apakah masturbasi itu termasuk selingkuh jika saya sudah punya pasangan?

Tentu saja tidak! Memiliki pasangan bukan berarti kamu tidak boleh masturbasi. Justru dengan masturbasi, kamu bisa mengeksplorasi lebih jauh apa yang bisa meningkatkan hasrat seksualmu, berimajinasi dengan fantasi seksual baru yang kemudian dapat kamu coba bersama dengan pasangan. Masturbasi dapat membantumu mengetahui lebih banyak tentang dirimu sendiri sebagai mahluk seksual, dan pada akhirnya akan membantu meningkatkan kualitas hubungan seksual bersama pasangan.

Bagaimana menggabungkan masturbasi bersama ke dalam kehidupan seks saya dan pasangan?

Masturbasi bersama dapat meningkatkan gairah dan intimasi seksual bersama pasangan. Kamu hanya perlu bertanya kepada pasangan, dan jika ia setuju, silakan mencobanya. Kamu juga bisa memberi kode dengan bisikan mesra. Biarkan pasangan tahu betapa seksi melihat dirinya menyentuh dirinya sendiri saat sedang tidak bersamamu.

Bagi kamu yang sedang siingle atau terpisah jarak dengan pasangan akibat social distancing, bercumbu mesra mungkin tidak bisa dilakukan saat ini. Namun kamu dan pasangan bisa mencoba melakukan roleplay sambil masturbasi bersama untuk menjaga kedekatan kalian berdua.

Apakah saya harus masturbasi dengan kondom?

Hal ini tergantung seleramu pribadi. Namun, mencoba dan mengeksplorasi hal-hal baru saat masturbasi sangatlah menyenangkan. Masturbasi dengan kondom dapat membantu kamu atau pasanganmu menemukan ukuran dan jenis kondom yang tepat. Selain itu, kondom juga akan membuat masturbasi serasa seperti sedang melakukan hubungan seks bersama pasangan.

 

Jika kamu senang menggunakan sex toy untuk sesi masturbasi, gunakanlah kondom untuk menjaga sex toy tetap bersih. Pasangkan kondom untuk melapisi sex toy yang kamu gunakan untuk penetrasi, seperti dildo atau vibrator. Namun jangan lupa untuk tetap membersihkan sex toy setelah menggunakannya ya.

 

Apakah sex toy membuat masturbasi lebih menyenangkan?

 

Setiap orang berbeda-beda, namun bagi sebagian orang, sex toy seperti Durex Play Vibrations dapat meningkatkan kepuasan seksual. Saat hendak membeli sex toy, pertimbangkan kebutuhan seksual serta sex toy apa yang paling sesuai. Bagi wanita yang menyukai stimulasi klitoris, vibrator mungkin merupakan pilihan terbaik. Sedangkan pria yang ingin mengeksplorasi G-spot prostat namun belum percaya diri untuk mencobanya langsung bersama pasangan, bisa mencoba bereksperimen dengan anal bead terlebih dahulu. Apa pun pilihan sex toy kamu, jagalah kebersihannya setiap kali selesai digunakan.

 

Bagaimana cara masturbasi di shower atau bathtub?

 

Kamar mandi atau shower merupakan area yang sangat populer untuk sesi masturbasi, terutama karena kamar mandi memberikan privasi dan ketenangan dalam aktivitas sehari-hari. Bagi sebagian orang, terutama wanita, shower dapat memberikan sensasi ekstra saat melakukan masturbasi. Yaitu dengan memberikan stimulasi ekstra melalui tekanan air pancuran shower yang dapat diarahkan ke area sensitif seperti klitoris.