Breadcrumbs

Tips PDKT yang Tepat Untuk Mengatasi Kehamilan yang Tidak Diinginkan

Kehamilan tidak diinginkan dapat memberikan dampak jangka panjang pada kehidupan pernikahan. Maka kamu wajib memahami perencanaan keluarga yang tepat untuk mengatasi kehamilan yang tidak diinginkan.

Banyak pasangan yang ingin segera memiliki anak setelah menikah, dan ada juga yang ingin menunda memiliki anak agar bisa puas ‘pacaran’ dulu bersama pasangannya. Atau mungkin kamu adalah pasangan muda yang sudah memiliki anak, dan ingin menunda menambah anak?

Apa pun situasi kamu dan pasangan saat ini, sangat penting untuk memahami pentingnya perencanaan keluarga yang baik agar kehidupan rumah tangga dapat berjalan dengan lancar dan bahagia. Salah satu kekhawatiran terbesar bagi pasangan menikah adalah masalah kehamilan dan memiliki anak. Banyak orang yang tidak terlalu memikirkan hal ini dengan serius, dan akibatnya, terjadilah kehamilan yang tidak diinginkan.

Padahal, kehamilan tidak diinginkan bisa menyebabkan risiko yang besar, tidak hanya bagi sang ibu, namun juga dapat berdampak pada anak dan kehidupan pernikahan. Sebuah studi menyebutkan bahwa kehamilan tidak diinginkan meningkatkan risiko depresi pada ibu, serta masalah kesehatan ibu dan anak di kemudian hari. Bahkan studi tersebut menyatakan bahwa satu dari empat kehamilan merupakan kehamilan yang tidak diinginkan.

Salah satu penyebab tingginya angka kehamilan tidak diinginkan adalah kurangnya pengetahuan tentang kontrasepsi. Banyak orang yang menolak menggunakan kontrasepsi karena takut akan efek samping, ketidaknyamanan, dan meremehkan kemungkinan hamil. Selain itu, ada juga orang-orang yang tidak menerapkan kontrasepsi dengan tepat, sehingga terjadi kehamilan tidak disengaja.

 

Tips Mengatasi Kehamilan yang Tidak Diinginkan

Untuk mengatasi kehamilan yang tidak diinginkan, kamu bisa mencoba menerapkan empat langkah PDKT yang dipersembahkan oleh Durex berikut ini. PDKT bertujuan untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan seputar langkah perencanaan keluarga yang baik dan memerangi masalah kehamilan yang tidak diinginkan.

PDKT untuk mengatasi kehamilan yang tidak diinginkan terdiri dari:

 

  1. Pahami Kesiapan Kamu Sendiri

Kesiapan diri tidak hanya kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental dan keinginan pribadimu. Menjadi orangtua adalah tanggung jawab yang sangat besar, dan membutuhkan kematangan emosional dari kedua orangtua untuk membangun keluarga dengan baik. Dan hal ini tentunya akan membutuhkan pengorbanan yang besar dari dirimu sebagai orangtua yang baik.

Pikirkanlah tentang motivasi dan prioritas hidupmu saat ini. Apakah memiliki anak merupakan pilihan yang tepat untuk saat ini, atau kamu masih ingin melakukan hal-hal lainnya sebelum berkeluarga? Memastikan kesiapan dirimu untuk mempunyai anak merupakan aspek penting dalam mengambil keputusan besar ini.

 

  1. Diskusikan Kesiapan Bersama

Membina keluarga adalah tanggung jawab pasangan sebagai orangtua. Pastikan kamu telah mendiskusikan bersama pasangan tentang perencanaan masa depan kalian berdua, serta kesiapan satu sama lain untuk memiliki keturunan.

 

  1. Konsultasikan dengan Tenaga Kesehatan

Langkah yang satu ini kerap dilewati oleh banyak orang, namun sebenarnya langkah ini sangat penting untuk mengatasi kehamilan yang tidak diinginkan. Dengan berkonsultasi kepada ahli kesehatan seperti dokter kandungan, kamu dan pasangan dapat mengetahui dengan lebih jelas mengenai kondisi kesehatan serta opsi kontrasepsi jika ingin menunda memiliki anak.

 

  1. Tentukan Metode Kontrasepsi

Setelah berkonsultasi dengan dokter tentang kontrasepsi, kamu dapat mempertimbangkan pilihan kontrasepsi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Buat kamu yang ingin kontrasepsi yang simpel, mudah dan tidak memiliki efek samping, kondom dapat menjadi pilihan terbaik. Karena bersifat non-hormonal, kondom tidak akan mengganggu kesehatan tubuhmu, serta memiliki manfaat tambahan yaitu mencegah penularan penyakit seksual.

Durex menyajikan rangkaian kondom dengan fitur-fitur istimewa yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pengalaman seksual yang lebih unik dan menyenangkan. Tetap aman, tetap nyaman bersama Durex!